Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh terus berupaya menekan munculnya kekerdilan  atau kondisi gagal pertumbuhan dan otak pada anak akibat kekurangan gizi, melalui sosialisasi pemberian asupan gizi yang sehat.

Kepala Dinkes Nagan Raya, Siti Zaidar, di Nagan Raya, Senin, mengatakan, pihaknya melakukan berbagai upaya untuk mengintervensi angka kekerdilan melalui optimalisasi sosialisasi makanan bergizi kepada siswa setingkat sekolah dasar di daerah setempat.

"Ini merupakan upaya pemerintah untuk mencegah pertumbuhan yang tidak optimal atau kekerdilan pada anak - anak kita di Nagan Raya, dengan menyosialisasikan asupan gizi yang baik serta mengajarkan gaya hidup sehat kepada anak," katanya.

Hal itu disampaikan disela - sela melakukan sosialisasi makanan bergizi kepada murid SD Islam Terpadu (SD-IT) Ar - Rahman, di desa Simpang Peut, kecamatan Kuala, kabupaten Nagan Raya, provinsi Aceh.

Siti  mengatakan,  kegiatan tersebut merupakan program pemerintah dalam menjaga kesehatan anak - anak di Indonesia, khususnya di kabupaten Nagan Raya serta mencegah munculnya kasus kekerdilan pada anak.

"Dengan adanya sosialisasi tersebut dapat memberikan pengetahuan kepada anak - anak di Kabupaten Nagan Raya tentang asupan gizi yang baik bagi tubuh sehingga mereka dapat menerapkannya di dalam keluarga," ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, pihak Dinkes memperkenalkan program yang dinamakan "isi piring ku", yakni program pemerintah mengedukasi anak - anak tentang makanan bergizi atau lebih dikenal dengan empat sehat lima sempurna.

Pihak Dinkes, juga menyediakan ruang sesi tanya jawab seputar makanan bergizi dan cara menjaga kesehatan yang baik kepada sejumlah murid SD-IT.

Pimpinan SD IT Ar-Rahman, Adifal, menyampaikan, harapannya kunjungan pihak pemkab Nagan Raya itu dapat mendukung program pemerintah dalam mewujudkan sekolah sehat di kabupaten Nagan Raya.

"Semoga dengan kunjungan ini kedepan pihak sekolah dan pemerintah bisa bekerja sama dalam mewujudkan program sekolah sehat dan berharap SD-IT dapat menjadi sekolah sehat percontohan bagi sekolah lainnya," katanya.

Acara tersebut juga turut dihadiri oleh Kadisdik Nagan Raya, Dr Harbiah Gani M.Pd, Ketuapkk Nagan Raya,  Hj Marwati Ibnu Ali, Ketua Bhayangkari Polres Nagan Raya, Ny Ida Giyarto serta unsur SKPK lainnya.
 

Pewarta: Bahariandy Mahardeka

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019