Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) menyatakan, wisatawan nusantara (wisnus) penyumbang terbesar yang mengunjungi Pulau Weh di Kota Sabang, Aceh berasal dari provinsi tetangga, yakni Sumatera Utara (Sumut).

"Kalau wisnus, tetap dari Medan (Sumut) lah. Itu Medan masih mendominasi kunjungan setiap tahun ke Sabang," terang Sekretaris ASITA Aceh, Totok Julianto di Banda Aceh, Senin.

Pernyataan tersebut diungkapkannya masih bersifat lisan, dan pihaknya mengaku tidak memiliki data lengkap tingkat kunjungan wisnus termasuk turis asing mengunjungi provinsi terletak paling ujung Utara di Pulau Sumatera ini.

Namun, Totok mencontohkan, jarak tempuh dari Kota Medan menuju Banda Aceh melalui tranportasi darat, yakni sekitar 600 kilometer sangat memungkinkan bagi masyarakat di Sumut untuk menghabiskan waktu di akhir pekan.

"Orang di Medan pergi ke Aceh, ia berangkat malam dari menggunakan mobil atau bus, dan paginya sudah sampai Banda Aceh. Mobilnya bisa parkir di Ulee Lheue, orang itu bisa langsung nyebrang ke Sabang," terang dia.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh selama 2018, jumlah penumpang laut di Pelabuhan Balohan Sabang termasuk wisnus dan wisatawan mancanegara 730.307 orang atau meningkat sekitar 15 persen di tahun 2017 yang berjumlah 635.344 orang.

"Begitu juga waktu pulangnya. Katakan lah dia ASN (Aparatur Sipil Negara), sekali pun di Medan mau liburan di Sabang itu masih bisa connect (terhubung). Dia bilang pulang sore, toh masih sore (di Banda Aceh). Malam dia jalan ke Medan, dan paginya dia sudah masuk kantor," tutur Totok.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sabang, Faisal, mengatakan, keindahan alam telah membuat pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata pada tahun 2017 menetapkan Kota Sabang sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasinal (KSPN).

Ia menyebut, pemerintah daerah pun terus membumikan pengembangan industri pariwista demi meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat, seperti tingkat kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara.

"Syukur Alhamdulillah, kunjungan wistawan terus meningkat. Pada tahun 2016 jumlah wisatawan yang berkunjung ke Sabang 734.961 orang, dan tahun 2017, tercatat 739.256 orang," katanya

Faisal memerinci, wisnus yang berlibur ke Sabang pada tahun 2016 sebanyak 724,923 orang di antaranya, sedangkan wisawatan mancanegara 10.038 orang.

"Lalu pada tahun 2017 jumlahnya meningkat menjadi 736,275 wisatawan domestik di antaranya, dan selebihnya merupakan wisatawan dari berbagai negara," sebut dia.

 

Pewarta: Muhammad Said

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019