Pemerintah Kabupaten Aceh Barat melalui Pemerintah Kecamatan Sungai Mas dalam tahun ini mulai mengembangkan ekowisata Islami di kawasan Air Terjun Pungkie.

Selain memiliki potensi wisata dengan keindahan alamnya, kawasan tersebut juga memiliki air yang sangat jernih.

"Pengembangan ekowisata Islami di kawasan Air Terjun Pungki, Sungai Mas ini diharapkan menjadi salah satu destinasi wisata halal yang ada di Aceh Barat khususnya di kawasan pedalaman," kata Camat Sungai Mas, Husensyah kepada Antara, Jumat (22/3).

Tujuan pengembangan ekowisata tersebut diharapkan akan semakin menata kawasan wisata dari penyalahgunaan tempat wisata oleh kalangan pengunjung agar tidak berbuat maksiat.

Selain itu, pengembangan wisata alam di kawasan pedalaman ini juga diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar, dengan berdirinya sejumlah warung makanan, minuman maupun sejumlah tempat usaha lainnya.

"Nanti di lokasi ini juga akan kita bangun sejumlah sarana, termasuk mushalla sebagai tempat ibadah pengunjung," kata Husensyah.

Saat ini, kawasan air terjun yang berada sekitar 30 menit dari pusat Kecamatan Sungai Mas atau sekitar 75 kilometer dari Meulaboh, Ibukota Kabupaten Aceh Barat tersebut masih belum bisa dijangkau menggunakan kendaraan roda empat, kecuali hanya roda dua dengan akses jalan terbatas.

"Ada sekitar 500 meter belum ada akses jalan yang memadai ke lokasi air terjun ini, ke depan kita berharap segera dibenahi," kata Husensyah.

Ia juga memprediksi apabila kawasan air terjun ini tuntas dilakukan pembenahan, maka jumlah kunjungan wisatawan lokal dan domestik maupun internasional akan bertambah ke Aceh Barat.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019