Lima staf Kehumasan Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah mengikuti pelatihan jurnalistik terkait dengan penulisan berita teks, foto dan video jurnalistik di Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara Biro Aceh, Selasa.

Pelatihan tersebut digelar dalam rangka penguatan ilmu jurnalistik bagi staf kehumasan, dan digelar selama dua hari (Senin-Selasa, 25-26/3)  di kantor LKBN Antara Biro Aceh, Jalan T Panglima Nyak Makam Kota Banda Aceh.

“Banyaknya informasi palsu dalam dunia maya perlu kita cegah dan menjadi tanggung jawab kita bersama, makanya pembekalan jurnalistik ini sangat kami butuhkan untuk mencegah beredarnya informasi palsu,” ujar Yuliona Mariza S.H, Kepala Sub Bagian Dokumentasi dan Risalah Pemkab Aceh Tengah. 

Selain itu, ia juga mengatakan sudah seharusnya ilmu jurnalistik dapat diterapkan pada setiap instansi maupun lembaga pemerintah lainnya.

“Kami berterimakasih kepada LKBN Antara Biro Aceh karena dengan pelatihan ini dapat membuka wawasan dan jadi lebih mengerti bagaimana cara memperoleh serta mengolah informasi, foto, dan video yang bagus, tidak semata-mata hanya menyampaikan tetapi ada hal yang menarik bagi pembaca ataupun yang melihatnya,” terangnya.

Ia juga menilai, LKBN Antara sebagai satu-satunya kantor berita milik NKRI memiliki kemampuan dalam memberikan edukasi jurnalistik kepada masyarakat, terutama aparatur pemerintah bidang kehumasan, karena sumberdaya manusia yang dimiliki lembaga ini cukup mumpuni.

Sementara itu, Kepala LKBN ANTARA Biro Aceh, Azhari mengatakan pelatihan tersebut merupakan bentuk komitmen ANTARA Aceh dalam upaya penguatan dan pembekalan berbagai karya jurnalistik bagi para staf di berbagai instansi.

“Pekerjaan mereka itu seperti jurnalis, jadi mereka harus paham bagaimana produk-produk jurnalistik yang benar dalam pemberitaan maupun mengolah informasi,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, pelatihan serupa rencananya akan dilakukan staf humas dari sejumlah kabupaten dan kota di provinsi berjuluk Serambi Mekah itu.
 
Pelatihan selama dua hari tersebut dimentori oleh Muhammad Haris dengan materi Penulisan Berita, Hidayatullah (video jurnalistik), dan Irwansyahputra (jurnalistik foto).

 

Pewarta: Mabrur Muhammad

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019