Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia akan mengembangkan kampung-kampung wisata di Provinsi Aceh guna membuka destinasi pariwisata baru di provinsi ujung barat Indonesia tersebut.

"Kami akan mencoba mengembangkan kampung-kampung pariwisata untuk memperbanyak destinasi pariwisata di Provinsi Aceh," kata Dewan Pengurus Daerah (DPD) ASPPI Aceh Azwani Awi di Banda Aceh, Senin.

Azwani menyebutkan, pengembangan kampung wisata tersebut sudah menjadi program kerja ASPPI 2019-2023. Untuk itu, pihak menargetkan satu kampung atau desa setiap tahunnya menjadi binaan ASPPI Aceh.

Menurut Azwani Awi, kehadiran kampung-kampung wisata itu nantinya bisa menjadi daya tarik kunjungan wisatawan ke Aceh. Dan tentunya ini berdampak pada aktivitas pelaku pariwisata di provinsi ujung barat Pulau Sumatra tersebut.

"Dengan hadirnya kampung wisata itu tentu akan menambah destinasi pariwisata baru di Aceh. Banyaknya destinasi, tentu akan lebih memudahkan menjual pariwisata Aceh," sebut dia.

Untuk tahap awal, sebut Azwani, pihaknya terlebih dahulu akan menentukan kriteria pengembangan kampung wisata. Paling tidak minimal, kampung wisata yang dikembangkan nanti memiliki banyak usaha ekonomi kreatif.

Selain usaha ekonomi kreatif, kampung wisata tersebut memiliki keunikan sendiri, misalnya aktivitas masyarakat masih menerapkan adat istiadat Aceh yang kental.

Dengan adanya destinasi baru seperti kampung wisata tersebut, tentu akan memudahkan pelaku pariwisata menjual paket kunjungan ke Aceh karena banyak alternatif, kata Azwani Awi.

"Kami berharap program pengembangan kampung wisata ini berhasil, sehingga kunjungan wisatawan ke Aceh terus meningkat dari tahun ke tahun," sebut Azwani Awi. 

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019