Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), terus berupaya mendorong para petani di daerah itu untuk meningkatkan produksi perkebunan dengan cara menyalurkan bibit-bibit komoditi unggulan secara gratis 

 “Disamping sektor pertanian padi, sektor perkebunan juga merupakan unggulan kabupaten Abdya, makanya tahun 2019 ini kita fokuskan terhadap sektor perkebunan ini,” kata Wakil Bupati Abdya, Muslizar. MT di Blangpidie, Rabu.

 Muslizar mengatakan, upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan produksi perkebunan tersebut dilakukan dengan dua cara, yakni membuka akses jalan ke kebun-kebun masyarakat dikawasan pengunungan dan menyalurkan bibit bantuan.

 Adapun jenis bibit bantuan yang disalurkan oleh pemerintah daerah melalui bidang perkebunan Abdya pada tahun 2019 ini terdiri bibit pinang unggul, bibit jengkol, bibit kelapa sawit, bibit lada, dan bibit unggul kopi jenis robusta.

 Berdasarkan data yang dihimpun, pemkab Abdya pada tahun 2019 ini melakukan pengadaan bibit pinang unggul dengan jumlah yang besar, yakni mencapai 500 ribu batang, bibit Jengkol sekitar 45 ribu batang dan bibit sawit sekitar 30 ribu batang.   

 Semua bibit unggul yang dibeli dengan mengunakan anggaran daerah tersebut pada tahun ini akan disalurkan secara gratis kepada kelompok-kelompok tani yang memili lahan kosong disembilan kecamatan dalam kabupaten Abdya.

 “Masih banyak lahan kosong di pegunungan Kabupaten Abdya selama ini belum dimamfaatkan secara maksimal oleh petani lantaran mereka terkendala dengan akses jalan dan tidak tersedianya bibit-bibit unggul untuk ditanam,” tutur Muslizar.

 Wabup meminta kepada seluruh petani yang memiliki lahan kosong agar segera mengajukan permohonan (proposal) untuk mendapatkan bibit-bibit komoditi unggul tersebut kepada Dinas Pertanian dan Perkebunan Abdya agar petugas bisa langsung turun lapangan untuk dilakukan verifikasi calon penerima/calon lahan (CP/CL).

 “Tahun depan Kita juga memprogramkan pembangunan infrastruktur jalan di kawasan pegunungan Abdya. Pembangunan jalan yang kita wacanakan itu nantinya bisa terhubung ke setiap kecamatan, sehingga hasil produksi perkebunan mudah untuk dipasarkan,” kata Musliza.

 Terpisah, Kepala Bidang Perkebunan pada Dinas Pertanian Abdya, Azwar saat dikonfirmasi wartawan mengaku bahwa dirinya bersama dengan sejumlah petugas lainnya sejak sebulan lalu sudah mulai turun ke desa-desa untuk melakukan verifikasi penerima bantuan bibit bantuan tersebut  

 “Sudah satu bulan ini petugas tiap hari turun lapangan untuk melakukan CP/CL penerima bibit-bibit komodi bantuan itu. Jenis bibit yang nantinya  ini kita salurkan ke petani kita sesuaikan dengan kondisi lahan,” tuturnya.

 

Pewarta: Suprian

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019