Komisi Independen  Pemilihan (KIP)  Aceh Jaya menggelar  simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2019 di lapangan komplek perkantoran pemkab setempat,  Kamis (11/4).

Ketua KIP Aceh Jaya Izwar di Calang berharap kepada seluruh peserta  dan masyarakat untuk dapat berpartisipasi penuh pada acara simulasi tersebut, sehingga pihaknya dapat memetakan dimana ada kelemahan dari penyelenggara pemilu, agar dapat diperbaiki pada hari pemilihan yang sebenarnya.

Izwar juga menyampaikan bahwa para penyelenggara dan masyarakat tidak perlu risau dengan waktu yang ditentukan karena jika tidak selesai jam12 siang masih bisa diperpanjang sampai selesai.

Ia juga menyampaikan  diaturan sudah jelas diterangkan bagaimana proses pelaksanaan pemilu, namun di hari H pasti banyak pergeseran sehingga dengan simulasi ini dapat memetakan lebih dini dimana kekurangannya.

Ia juga menyampaikan kepada para penyelenggaraan, PPK dan PPS bahwa kertas suara adalah kertas harapan rakyat, mari lindungi suara rakyat tersebut. 

Sementara itu Bupati Aceh Jaya T. Irfan Tb pada saat membuka secara resmi acara tersebut menyampaikan, pihaknya menyambut baik atas terlaksananya acara simulasi tersebut. 

Irfan juga mengajak seluruh masyarakat untuk dapat sama-sama menyukseskan permilu di kabupaten  Aceh Jaya.  

Kegiatan tersebut juga turut dihadiri oleh Wakil Bupati,  Kapolres Aceh Jaya,  AKBP Eko Purwanto, Sekda Aceh Jaya Mustafa Ibrahim, Kejari Aceh Jaya, Wakil Ketua Panwaslih Aceh Jaya Nuhayati, serta Komisioner KIP setempat.

Pantauan Antara, para Forkopimda Aceh Jaya yang dipimpin Bupati T Irfan TB dan Wakil Bupati Aceh Jaya  Tgk Yusri S juga ikut dalam simulasi tersebut. 

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019