T Dedi Iskandar secara musyawarah ditunjuk sebagai Ketua Balai Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Aceh Barat priode 2019-2022.

Dedi Iskandar yang sehari-hari sebagai wartawan aceh.antaranews.com dilantik oleh Plt Ketua PWI Aceh Aldin Nl yang turut disaksikan Bupati Aceh Barat Ramli MS para pejabat Forkopimda setempat, para insan pers dari kabupaten tetangga, yakni Perwakilan PWI Nagan Raya dan Aceh Jaya serta seluruh pejabat SKPK.

Pengurus lainnya yang dilantik adalah Fuadi Satria sebagai sekretaris,  bendahara Deni Sartika, dan Devisi Organisasi dijabat  Hendri Sebayang.

Dedi Iskandar dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimaksih atas kepercayaan yang telah diberikan kepadanya sebagai Ketua PWI Aceh Barat dan ia berjanji akan menyukseskan berbagai agenda PWI Aceh Barat yang sempat tertunda, salah satunya adalah dalam rangka dua tahun kedepan akan menjadikan Perwakilan PWI Aceh Barat.

Dedi Iskandar juga menuturkan, wartawan Aceh Barat saat ini satu langkah lebih maju, karena kini para wartawan di daerah ini memiliki tempat bernaung, yaitu PWI Balai, tentu keberadaan PWI di daerah akan memberikan support kepada segenap wartawan, sehingga akan merasa lebih nyaman dan terlindungi dalam menjalankan tugas-tugas jurnalistiknya.

Ia juga menyampaikan keberadaan PWI Balai di Aceh Barat nantinya mampu "memisahkan" antara wartawan yang benar-benar menjalankan tugas jurnalistik dengan "wartawan abal-abal" yang selama ini bertindak dan bertingkah-laku meresahkan masyarakat.

Selain itu, Dedi juga berjanji akan menjadikan wartawan Aceh Barat yang profesional, salah satunya mengajak wartawan setempat untuk ikut uji kopetensi wartawan (UKW), sehingga profesi yang digeluti itu tidak abal-abal, sertifikasi profesi itu sangat penting sebagai tolok ukur kemampuan dan profesionalitas seorang jurnalis.

"Kami berharap kiranya para wartawan di Aceh Barat dalam setiap menjalankan tugas jurnalistiknya, agar selalu berpedoman pada kode etik jurnalistik dan Undang-undang Nomor 40 tahun 1999 tentang pers," tegasnya.

Plt Ketua PWI Aceh, Adi Nainggolan menyampaikan sebenarnya PWI Aceh Barat pernah keren, waktu itu Ketuanya Sofyan Sawang, jadi PWI Aceh Barat itu bukan barang baru.

"Sudah sangat lama, namun perkembanganya yang belum maksimal, kita berharap dibawah kepemimpinan Dedi Iskandar PWI Aceh Barat kembali berjaya," harapnya.

Sementara itu, Bupati Aceh Barat Ramli MS sangat mundukung terbentuknya Balai PWI Aceh Barat dan berharap keberadaannya benar-benar serius dan menjadi salah satu wadah bernaung insan pers nantinya.

"Apa pun itu kita siap dukung, demi kebaikan Aceh Barat," ujarnya.

Bupati Ramli MS sangat mengapresiasi kerja pers dan juga berharap pekerja pers itu selalu diawali dengan niat kebaikan demi rakyat, menyampaikan informasi ke publik walaupun harus meninggalkan keluarga hanya sebuah berita yang menjadi hajat orang banyak.

"Pemerintah siap membantu PWI atau pers Aceh Barat untuk kelancaran organisasi," Ujarnya.

Ia juga berharap PWI Aceh Barat harus bisa mendiri, sehingga bisa mengembangkan roda organisasi dan meningkatkan kapasitas wartawan.

Bupati juga berjanji akan memberi lahan kepada PWI Aceh Barat untuk dikelola pengembangan komoditas andalan, seperti pinang, sehingga wartawan di daerah ini memiliki usaha.

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019