Bupati Aceh Besar Mawardi Ali menyatakan sebanyak 3.728 anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) akan terlibat dalam menjaga Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di seluruh gampong/desa dalam kabupaten itu.

"Setiap TPS akan dijaga oleh dua orang Linmas yang menjadi garda terdepan dalam pengamanan di TPS, sementara TNI/Polri akan membackup dan juga dilakukan penyesuaian," katanya di Jantho, Sabtu.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela menjadi inspektur upacara apel siaga dan pembekalan personel serta penyerahan anggota Linmas dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar kepada Polres Aceh Besar dan Polresta Banda Aceh guna diperbantukan dalam pengamanan pemilihan umum (Pemilu) 17 April 2019.

Mawardi juga meminta kepada semua pihak untuk menyukseskan Pemilu serentak Pemilihan Presiden/ Wakil Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) yaitu pemilihan anggota DPRK, DPRA, DPR RI dan DPD RI pada 17 April 2019.

"Semua pihak harus terlibat dan memahami peran serta tanggungjawab masing-masing, tidak terkecuali peran aktif Linmas sebagai ujung tombak pengamanan di setiap TPS dengan dibantu oleh TNI dan Polri," katanya.

Mawardi menyebutkan sebanyak 3.728 anggota Satlinmas akan dikerahkan untuk mengamankan 1.192 TPS yang tersebar di 604 gampong di wilayah Kabupaten Aceh Besar.

Ia juga berharap agar anggota Linmas tetap fokus jalannya Pemilu 2019 yang tinggal beberapa hari lagi dan juga memberikan dukungan penuh kepada penyelenggara pemilu, mulai kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS), Komisi Independen Pemilihan (KIP) dan Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu).

"Dengan memberikan jaminan dan membantu mengamankan jalannya proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS maupun pengamanan kotak suara dari TPS ke PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) sampai KIP di Kabupaten," katanya.

Bupati Aceh Besar juga mengingatkan bahwa Pemilu 2019 adalah pesta demokrasi rakyat yang tentunya diharapkan bersama berjalan lancar dan damai dan tentunya anggota Linmas bersama jajaran Polres Aceh Besar, Polresta Banda Aceh dan Kodim 0101/BS menjadi garda paling terdepan dalam mewujudkan situasi kondusif yang aman dan terkendali.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Wilayatul Hisbah (Kasatpol PP dan WH) Kabupaten Aceh Besar, M Rusli mengatakan anggota Linmas sudah siap di terjunkan untuk mendukung tugas pengamanan dibawah tanggung jawab kepolisian.

Ia merincikan sebanyak 1.834 orang berada di wilayah hukum Polres Aceh Besar terdiri dari 1.066 Linmas TPS, 684 Linmas gampong dan 65 Linmas kecamatan. Sedangkan, 1.894 orang berada di wilayah hukum Polresta Banda Aceh masing-masing 1.320 Linmas TPS, 524 Linmas gampong dan 50 Linmas kecamatan.***2***

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019