Musibah longsor tebing gunung di jalan lintas provinsi di lintasan Kabupaten Aceh Barat - Kabupaten Pidie, juga menimbun ruas jalan di tikungan letter Z, tepatnya di kawasan puncak Gunung Aneuk Manyak, Kecamatan Sungai Mas (Aceh Barat) menuju ke Geumpang, Pidie.

Akibatnya, ruas jalan tersebut hingga Kamis (25/4) sore masih lumpuh total setelah badan jalan di kawasan hutan tersebut tertutup material longsor.

Sebelumnya, longsor juga menimbun ruas jalan lintas antarkabupaten di kawasan ini tepatnya di kilometer 83, Desa Tungkop, Kecamatan Sungai Mas, Kabupaten Aceh Barat, dengan ketinggian longsor hampir 80 centimeter diatas badan jalan.

Hal ini juga berdampak terhadap akses transportasi dan hingga pukul 18.00 Wib, ruas jalan tersebut belum bisa dilintasi kendaraan roda dua maupun roda empat.

Sekretaris Kecamatan Sungai Mas, Aceh Barat, Erdi Adnan kepada Antara mengatakan dampak timbunan longsor di dua lokasi di ruas jalan lintas provinsi itu telah menyebabkan aktivitas masyarakat terganggu, dan arus transportasi terpaksa dialihkan melalui Banda Aceh.

Baca juga: Longsor timbun jalan lintas Meulaboh-Sigli, akses transportasi lumpuh total

Penyebab longsornya tebing gunung tersebut terjadi akibat guyuran hujan lebat yang melanda sebagian besar wilayah pantai barat Aceh sejak beberapa hari terakhir, sehinggga berdampak terjadinya bencana alam di wilayah pedalaman tersebut.

Pihaknya juga sudah melaporkan persoalan ini kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat di pusat ibukota kabupaten, dengan harapan material longsor dapat segera disingkirkan dari badan jalan.

Pewarta: T Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019