Ruas jalan lintas antarkabupaten yang menghubungkan antara Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat dengan Sigli, Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh, tepatnya di kilometer 83, Kecamatan Sungai Mas (Aceh Barat), lumpuh total sepanjang Kamis (25/4), akibat longsor yang menimbun badan jalan.

Akses transportasi jalur alternatif yang menghubungkan wilayah pantai barat selatan dengan pantai timur utara Aceh itu hingga Kamis siang jelang sore belum bisa dilintasi kendaraan roda dua dan roda empat.

"Saat ini akses jalan masih tertimbun longsor, kendaraan roda dua dan empat juga belum bisa melintas," kata Sekretaris Kecamatan Sungai Mas, Aceh Barat, Erdi Adnan saat dihubungi Antara.

Penyebab longsornya tebing gunung tersebut terjadi akibat guyuran hujan lebat yang melanda sebagian besar wilayah pantai barat Aceh sejak beberapa hari terakhir, sehinggga berdampak terjadinya bencana alam di wilayah pedalaman tersebut.

Pihaknya juga sudah melaporkan persoalan ini kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat di pusat ibukota kabupaten, dengan harapan material longsor dapat segera disingkirkan dari badan jalan.

Ia juga menginformasikan saat ini intensitas hujan masih sangat tinggi, sehingga dikhawatirkan musibah serupa dapat kembali terjadi.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019