Sejumlah biro perjalanan anggota Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) menyiapkan paket khusus Ramadhan kepada wisatawan, baik nusantara maupun mancanegara, berkunjung ke Aceh.

Wakil Ketua ASPPI Aceh Kisswoyo di Banda Aceh, Selasa, paket khusus tersebut diberikan sebagai bentuk dukungan biro perjalanan dalam menyukseskan Festival Ramadhan 2019.

"Paket khususnya kami siapkan guna menarik wisatawan berkunjung ke Aceh selama Ramadhan. Apalagi pada bulan puasa ini, Pemerintah Aceh menggelar Festival Ramadhan 2019," sebut Kisswoyo. 

Festival Ramadhan yang digelar Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh akan dilaksanakan di kompleks Taman Budaya Aceh di Aceh. Festival tersebut berlangsung dua pekan, mulai 7 hingga 21 Mei 2019.

Selain paket khusus, biro perjalanan anggota ASPPI juga memberikan potongan harga kepada wisatawan. Dengan dengan adanya paket khusus dan potongan harga tersebut, wisatawan bisa menikmati sensasi berpuasa di Aceh.

"Paket khusus tersebut selain menikmati puasa dan tarawih di Bumi Serambi Mekkah, juga ada jelajah Islam di provinsi yang menerapkan syariat Islam. Termasuk mengunjungi arena Festival Ramadhan 2019," kata Kisswoyo.

Biro perjalanan anggota ASPPI yang menyediakan paket khusus tersebut juga sudah mempromosikan di sejumlah negara di Asia Tenggara. Dengan harapan, wisatawan muslim Asia Tenggara mengunjungi Aceh pada Ramadhan 1440 Hijriah.

"Kami mendukung penuh kegiatan-kegiatan pariwisata di Provinsi Aceh seperti Festival Ramadhan yang digelar untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Bumi Serambi Mekkah," kata Kisswoyo.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Jamaluddin menyebutkan Festival Ramadhan merupakan Calendar of Event (CeO) Aceh 2019. Kegiatan tersebut digelar menyemarakkan bulan puasa di Aceh.

"Festival Ramadhan untuk menarik wisatawan berkunjung ke Aceh dan memperkuat Aceh sebagai destinasi wisata halal di dunia. Ada pesona dan keunikan wisata Ramadhan di Aceh," kata Jamaluddin.

Festival dibuka mulai pukul 16.30 WIB hingga pukul 20.00 WIB. Festival ditutup selama shalat tarawih berlangsung. Festival dibuka kembali pukul 21.30 WIB atau setelah shalat tarawih usai.

Beragam kegiatan akan digelar pada Festival Ramadhan. Di antaranya bazar dan kuliner seperti jajanan berbuka puasa, buka puasa bersama, dan takjil gratis

Kemudian, pentas dan perlombaan seni budaya Islami, pemutaran film islami, tausiah, santunan anak yatim, shalat wajib berjamaah, serta shalat tarawih bersama.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019