Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh luluskan sebanyak 1.145 wisudawan periode Februari-April 2019 sehingga jumlah lulusan kampus tersebut hingga saat ini mencapai 125.514 orang.

"Setiap tahun sekitar satu juta lulusan dihasilkan perguruan tinggi di Indonesia dan ratusan ribu di antaranya menjadi pengangguran," kata Rektor Unsyiah, Prof Samsul Rizal di AAC Dayan Dawood, Darussalam, Banda Aceh, Kamis.

Ia menjelaskkan menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), hingga akhir tahun lalu, jumlah penggangguran di Indonesia mencapai tujuh juta orang dan tidak kurang 400 ribu orang adalah alumni perguruan tinggi.

Menurut dia, salah satu penyebabnya karena persaingan dunia kerja saat ini semakin sulit, terlebih lagi telah memasuki era revolusi industri 4.0 yang membuat tenaga manusia digantikan dengan mesin otomatis berbasis kontrol digital.

"Era ini juga menyajikan peluang menjanjikan bagi lulusan yang tidak hanya dibutuhkan kejelian dan kesungguhan untuk menemukan peluang besar di balik tantangan tersebut. Salah satu peluang besar seiring datangnya era revolusi industri 4.0 adalah peluang berwirausaha," katanya.

Rektor juga menegaskan kepada para lulusan bukan hanya mengejar Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang tinggi, tetapi juga mampu berkomunikasi dengan baik, mengelola emosi, serta mampu berkreasi dan berinovasi dengan bekal ilmu yang dimiliki.

Ia juga mengatakan dengan fasilitas internet dan jaringan komunikasi semakin terbuka luas memberikan kesempatan untuk mengakses pasar di seluruh dunia, bahkan tanpa memerlukan modal ratusan juta.

"Hanya dibutuhkan niat dan nyali untuk mencoba, karena tidak banyak lulusan perguruan tinggi termotivasi dan bernyali besar untuk berwirausaha. Kami berharap lulusan Unsyiah dapat berkreasi dan berinovasi dengan modal yang didapatkan selama pendidikan," katanya.aceh

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019