Pemerintah Kabupaten Aceh Barat menyalurkan bantuan donasi yang dikumpulkan dari masyarakat dan aparatur sipil negara (ASN) senilai Rp435 juta kepada korban gempa dan tsunami di Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, Rabu (15/5).

Penyerahan bantuan dalam bentuk pembangunan balai pengajian di Pesantren Hikmatuh Sunnah, Kota Palu tersebut di pimpin Bupati Aceh Barat H Ramli MS, yang ditandai dengan peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan.

Sebelumnya, Bupati H Ramli MS dan rombongan diterima oleh Walikota Palu Drs Hidayat MSi dan jajaran di ruang kerja walikota. 

"Bantuan ini kami serahkan dalam bentuk bangunan, namanya dalam bahasa Aceh yakni Balee Seumeubeut (balai pengajian). Kami berharap nama Balee Seumeubeuet ini jangan diubah," kata Bupati Aceh Barat H Rai MS.

Ia beralasan, penamaan dalam bahasa Aceh pada bangunan balai pengajian tersebut namanya untuk menandakan bahwa bangunan tersebut adalah bantuan dari masyarakat Aceh khususnya Aceh Barat. 

Bantuan ini diharapkan dapat memaksimalkan pengajiannya oleh para santri yang belajar di pesantren tersebut, serta berbagai kegiatan keagamaan lainnya.

Kepala BPBD Aceh Barat, Mukhtar, MSi menyatakan bahwa dana bantuan yang terkumpul dari seluruh masyarakat dan ASN di Aceh Barat itu sebesar Rp435 juta.

Bantuan ini disalurkan kepada pesantren di Kota Palu dengan membuat Balai Pengajian dan fasilitas pendukung ibadah lainnya pada pesantren dimaksud.

Sementara itu, Sekda Kota Palu, Sulawesi Tengah, Asri SH menyatakan pasca bencana di Palu tentunya pemerintah tidak bisa membangun sendiri sejumlah prasarana dan sarana yang rusak pascpa gempa bumi dan terjangan tsunami yang terjadi pada September 2018 lalu.

Pemerintah daerah setempat mengaku dibutuhkan bantuan dari luar agar memaksimalkan pembangunan di daerah ini.

"Kami mewakili Pemerintah Kota Palu dan masyarakat mengucapkan terimakasih atas bantuan dari Pemerintah Kabupaten Aceh Barat," tuturnya.

Semoga dengan penyerahan bantuan ini, akan meningkatkan hubungan persaudaraan sesama muslim dan masyarakat Sulawesi Tengah dengan masyarakat Aceh Barat, Provinsi Aceh.

Turut hadir dalam kegiatan ini dari Aceh Barat diantaranya Kepala BPBD Mukhtar MSi, Kadis PUPR Bukhari, Kadis Sosial Syarifah Junaidah, Ketua KNPI Aceh Barat Muhammadi SPdi, serta Kepala Bagian Humas Setdakab Aceh Barat Amril Nuthihar SIP MAP.

Pewarta: T Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019