Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) minta pemerintah daerah mengubah paradigma pemerintahan dari orientasi kerja ke orientasi hasil.

“Kita ingin pemerintah agar lebih fokus dan bisa memilah program-program kegiatan yang penting yang hasilnya nanti berdampak langsung terhadap masyarakat,” kata Asisten Deputi Rumusan kebijakan Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kemenpan RB Kamarudin di Jambi, Kamis.

Dengan diprioritaskannya program-program yang memiliki dampak langsung terhadap masyarakat, maka akan muncul efektifitas dan efisiensi pemerintahan. Diprioritaskannya program yang memiliki dampak langsung terhadap masyarakat, maka setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) itu bukan hanya sekedar bekerja, namun lebih kepada berkinerja.

Pesan tersebut disampaikan kepada pemerintah daerah saat Kamarudin memberikan Coaching Clinic di Kota Jambi terkait Sistim Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tentang aparatur pendayagunaan negara reformasi birokrasi.

Walikota Jambi, Maulana berharap seluruh OPD dapat memanfaatkan coaching clinik tersebut untuk mencapai indikator kinerja yang telah di tetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Mengah Daerah (RPJMD).

“Beberapa waktu yang lalu RPJMD Kota Jambi telah disahkan, kegiatan ini merupakan titik awal pengaplikasian RPJMD tersebut, semoga seluruh OPD dapat membuat renstra yang menyasar kepada indikator-indikator yang harus di capai dalam RPJMD,” kata Wakil Walikota Jambi Maulana.

Untuk mencapai indikator-indikator kinerja yang diharapkan tersebut, Maulana berharap mental Aparatur Sipil Negara (ASN) dapat dirubah. Sehingga ASN dikota itu memiliki satu pemikiran, yakni merancang dan mengaplikasikan program-program yang memiliki dampak positif dan langsung dirasakan oleh masyarakat. Cocaching clinic tersebut tidak hanya diharapkan dapat merubah mental ASN, namun juga dapat mengatasi titik-titik lemah terhadap pembangunan di kota itu.

Coaching clinic tersebut di selenggrakan di ruang pola Kantor Walikota Jambi yang diikuti oleh seluruh Kepala OPD dilingkup pemerintah Kota Jambi. Tidak hanya kepala OPD namun staf dari setiap OPD yang bertanggung jawab dibidang SAKIP turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019