Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar menyatakan akan mengratiskan izin dan pajak homestay dalam upaya mendorong masyarakat untuk memperbanyak penginapan di daerah setempat.

"Kebijakan ini untuk mendorong masyarakat membuat homestay sehingga tamu yang datang dan berwisata tidak terkendala dengan tempat penginapan saat berada di Takengon,” katanya di Takengon, Selasa.

Ia menjelaskan Kabupaten Aceh Tengah merupakan salah satu kawasan destinasi wisata di Aceh dan banyak disambangi oleh tamu lokal dan juga nasional terutama pada hari libur seperti libur Hari Raya Idul Fitri dan tahun baru.

Menurut dia banyaknya tamu yang datang untuk berlibur ke daerah Dataran Tinggi Gayo tersebut perlu didukung dengan tersedianya penginapan yang memadai kepada tamu yang melancong ke kabupaten setempat.

"Penginapan ini merupakan peluang bisnis yang harus dimanfaatkan oleh warga guna mendongkrak perekonomian keluarga khususnya dan ini juga akan berdampak terhadap jumlah kunjungan di masa mendatang," katanya.

Menurut dia sebagai pemerintah, pihaknya bertugas memfasilitasi kebutuhan masyarakat, seperti mempermudah perizinan dan pembebasan pajak.

"Saya juga meminta Dinas terkait untuk bekerjasama dengan Reje (kepala kampung) di sekitar danau atau kota Takengon agar mendorong warga supaya memanfaatkan peluang ini," katanya.

Ia mengatakan biasanya masyarakat akan mencontoh keberhasilan yang terjadi, karena itu perlu pionir yang dipersiapkan, berikutnya akan dilakukan pembinaan sehingga Homestay semakin banyak dan sesuai dengan standar yang diharapkan.
 

Pewarta: M Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019