Majelis hakim Pengadilan Negeri Banda Aceh memvonis dua nelayan Thailand yang ditangkap dan didakwa mencuri ikan di perairan Indonesia dengan hukuman masing-masing Rp200 juta.

Vonis tersebut dibacakan majelis hakim diketuai  Ainal Mardhiah dalam sidang di Pengadilan Negeri Banda Aceh, Kamis.

Kedua nelayan Thailand yang divonis membayar denda tersebut yakni Winai Bunphicit dan Suriyon Jannok. Vonis tersebut sama dengan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Syarifah Rosnizar pada persidangan sebelumnya.

"Kedua terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar Pasal 92 Undang-Undang RI Nomor 45 tahun 2009 tentang perubahan Undang-undang RI Nomor 31 Tahun 2004 tentang perikanan," kata majelis hakim.

Terdakwa Winai Bunphicik merupakan nakhoda kapal penangkap ikan berbendera Malaysia dengan nama KHF 2598. Sedangkan terdakwa Suriyon Jannok juga nakhoda kapal penangkap ikan berbendera Malaysia KHF 1980.

Majelis hakim menyebutkan kedua kapal yang dinahkodai kedua terdakwa ditangkap kapal pengawas Kementerian Kelautan dan Perikanan KP Hiu 12 pada Sabtu 2 Februari 2019.

Kedua kapal yang dinakhodai terdakwa bersama tujuh anak buah kapal ditangkap karena menangkap ikan di wilayah perairan Zona Eksklusif Ekonomi (ZEE) Indonesia di kawasan Selat Malaka. 

Saat ditangkap, di kapal KHF 2598 ditemukan sekitar 250 kilogram ikan campuran. Sedangkan di kapal KHF 1980 turut diamankan kurang lebih 100 kilogram ikan campuran.

"Selain menghukum para terdakwa membayar denda, majelis hakim juga memutuskan barang bukti kedua kapal, alat komunikasi dan navigasi untuk negara dirampas untuk negara," kata majelis hakim.

Usia mendengarkan putusan majelis hakim, terdakwa Winai Bunphicit dan Suriyon Jannok serta jaksa penuntut umum menyatakan pikir-pikir. Majelis hakim memberikan waktu kepada terdakwa dan jaksa penuntut umum memberikan waktu 14 hari untuk pikir-pikir.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019