Wali Kota Sabang, Nazaruddin mengajak masyarakat Aceh untuk memilih Tugu Kilometer Nol Indonesia pada nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019.

"Kita bersyukur Tugu Kilometer Nol Indonesia di Sabang masuk destinasi wisata unik di Aceh dan kita mengajak semua masyarakat Sabang, Aceh dan Indonesia secara umum untuk memilih Tugu Kilometer Nol Indonesia pada nominasi API," kata Wali Kota Sabang di Banda Aceh, Selasa.

Tugu Nol Kilometer Indonesia berada di hutan Gampong (desa) Iboih, Kecamatan Sukakarya, Sabang dan sering dikunjungi para wisatawan domestik maupun mancanegara ditandatangani langsung Wakil Presiden Republik Indonesia, Tri Sutrisno pada saat itu (6 September 1997).

Monumen nasional (Tugu Kilometer Nol Indonesia) tersebut merupakan salah satu objek wisata yang sering dikunjungi oleh para wisatawan domestik maupun mancanegara, kata Wali Kota Sabang yang akrab disapa Tgk Agam.

Secara geografis, keberadaan monumen Tugu Kilometer Nol Indonesia adalah bagian terpenting dalam mempersatukan bangsa dari Kota Madya Sabang, Aceh sampai ke Mauroke, Papua. Sebagaimana slogan yang diucap oleh anak bangsa "Dari Sabang sampai Merauke".

Selain, Tugu Kilometer Nol Indonesia, Sabang Marine juga masuk nominasi festival pariwisata pada Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh sebelumnya menyebutkan, tujuh objek wisata di provinsi paling barat Indonesia masuk nominasi dari 18 kategori yang diperlombakan pada Anugerah Pesona Indonesia 2019.

Ada pun objek wisata tersebut yakni, makanan tradisional sate apaleh geurugok dari Kabupaten Bireuen, nominasi ekowisata yakni taman hutan manggrove di Kota Langsa.

Berikutnya, nominasi cenderamata kerawang gayo dari Kabupaten Gayo Lues. Nominasi atraksi budaya rabbani wahed dari Kabupaten Bireuen, Nominasi surga tersembunyi air terjun tensaran bidin di Kabupaten Bener Meriah.

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan Aceh Ramadhani mengatakan dukungan bisa diberikan dengan mengirim SMS dengan cara ketik API (spasi) kode kirim ke 99386.

"Atau aplikasi API bisa diunduh di playstore. Periode pemungutan suara mulai 1 Juni hingga 31 Oktober 2019. API digelar untuk mengenalkan pariwisata nusantara ke mancanegara," kata Ramadhani.
 

Pewarta: Irman Yusuf

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019