Perum Bulog Divisi Regional (Divre) Aceh menyatakan perusahaan tersebut ikut berpartisipasi dalam menyuplai bahan pokok seperti beras dan telur ke kabupaten/kota yang berubah menjadi program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

"Artinya, Bulog Divre Aceh tidak hanya menyalurkan Bansos Rastra, tapi juga ikut terlibat dalam program BNPT dibeberapa kabupaten/kota di Aceh," kata Kadivre Bulog Aceh, Sabaruddin di Banda Aceh, Jumat.

Ada pun beberapa kabupaten yang telah berubah menjadi BPNT dan dilayani oleh Bulog untuk menyuplai bahan pokok berupa telur dan beras tersebut masing-masing Sabang, Banda Aceh, Pidie Jaya, Benar Meriah, Langsa, Aceh Tamiang dan Aceh Timur.

Dia mengemukakan bahwa sesuai Surat Perintah Penyaluran dari Kemensos Januari sampai Mei total penyaluran Bansos Rastra di Aceh adalah 15.172.950 kilogram untuk alokasi lima bulan dengan jumlah keluarga penerima manfaat sebanyak 303.459 yang tersebar di 15 kabupaten/kota.

"Masing-masing KPM setiap bulannya mendapatkan 10 kilogram atau sebanyak 3.034.590 kilogram setiap bulannya untuk kabupaten/kota yang masih menerima program Bansos Rastra," katanya.

Ia menambahkan pada bulan Juni terjadi pengurangan keluarga penerima manfaat menjadi 158.607 dengan jumlah kabupaten yang dilayani sebanyak 10 daerah dari sebelumnya 15.

"Alhamdulillah untuk distribusi Bansos Rastra telah mencapi 100 persen sesuai dengan alokasi yang telah ditetapkan dan total sesuai SPP hingga alokasi Juni berjumlah 16.759.020 kilogram dan telah DO (delivery order) sebanyak 16.759.020 kg," kata Sabaruddin.

Kadivre Bulog Aceh juga mengatakan pihaknya akan terus berupaya maksimal untuk mendistrisbuikan Bansos Rastra tepat waktu sehingga masyarakat tidak perlu khawatir karena jatah yang telah dialokasikan tersebut akan diterima tepat waktu.
 

Pewarta: M Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019