Salah satu perusahaan tambang yang beroperasi di Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, Mifa Bersaudara, menanam ratusan pohon dalam serangkaian aksi peduli lingkungan bertepatan memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada 5 Juni.

"Kampanye ini sebagai komitmen kami terhadap lingkungan dengan melakukan aktivitas pengelolaan lingkungan yang terkait dengan proses penambangan di Meulaboh," kata Environment Superintendent Mifa, Aswan Dewangga dalam siaran pers diterima Antara di Banda Aceh, Senin.

Ia menjelaskan kampanye peduli lingkungan yang dilakukan perusahaan tersebut juga sebagai komitmen untuk melestarikan lingkungan hidup dengan cara melakukan penanaman pohon kembali di areal tambang kami yang telah direklamasi selama dua tahun belakangan ini.

Ia mengatakan dalam kegiatan tersebut pihaknya menanam sebanyak 650 pohon di areal tambang yang telah dilaksanakan sejak 15 Juni dan berakhir pada 29 Juni 2019 yang diikuti oleh seluruh karyawan, mitra, kontraktor, dan subkontraktor Mifa di Meulaboh, Aceh.

"Kegiatan bagi-bagi pohon ini adalah upaya penghijauan lingkungan dengan tujuan mengurangi polusi udara, sehingga, semboyan "Biru Langitku, Hijau Bumiku" dapat terwujud setiap waktu," katanya.

Ia menambahkan kegiatan yang digelar tersebut juga bagian memberikan gambaran kepada kontraktor lokal bahwa tingkat keberhasilan reklamasi Mifa sudah berjalan di areal tambang yang telah direklamasi selama dua dengan memiliki pohon dengan tinggi sekitar 4-5 meter.

"Dengan pertumbuhan pohon di areal tambang berarti meningkatkan produksi oksigen dan dapat mengurangi efek emisi gas rumah kaca," katanya.

Selain melakukan penanaman pohon, kata Aswan, rangkaian acara lainnya antara lain melakukan Enviro Run-FunBike yang telah dilakukan pada Minggu (23/6). Aswan menjelaskan, kegiatan seperti bersepeda bersama di wilayah operasi Mifa masih jarang dilakukan. Gelaran ini menjadi ajang aktualisasi sekaligus promosi dalam mengkampanyekan gaya hidup sehat ke masyarakat. Selain karyawan Mifa, menurut Aswan, kegiatan juga menggandeng semua Mitra Kerja PT. Mifa Bersaudara. Total jarak yang dilalui peserta lari kurang lebih 6 kilometer, sedangkan para pesepeda menempuh sekitar 16,5 kilometer.

Uniknya dalam kegiatan bersepeda santai ini, katanya, "Para peserta yang sekitar 120 orang tersebut juga sembari membagikan bibit tanaman buah di sepanjang rute yang dilalui. Total bibit yang diserahkan ke masyarakat sebanyak 150 buah, terdiri dari jeruk, jambu, mangga, dan sebagainya."

PT Mifa Bersaudara (Mifa) yang menjadi operator tambang batu bara di Meulaboh, Aceh Barat merupakan anak perusahaan dari PT ABM Investama Tbk (ABM).

Kepala Teknik Tambang Mifa, Adi Risfandi menambahkan kegiatan tersebut juga bagian meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan para pekerja di lingkungan tambang.

"Kami juga berharap team bonding antara karyawan, kontraktor, maupun masyarakat sekitar semakin erat sehingga berdampak positif terhadap kinerja dan prestasi mereka di pekerjaan," katanya.

Ia menambahkan dalam kegiatan tersebut, PT Mifa Bersaudara (Mifa) yang menjadi operator tambang batubara di Meulaboh, Aceh Barat anak perusahaan dari PT ABM Investama Tbk (ABM) juga menggelar aneka lomba berwawasan lingkungan diantaranya lomba poster, lomba fotografi dan kreasi daur ulang sampah plastik.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019