Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Aceh Barat menyatakan, belum menemukan adanya pencemaran udara sehingga kualitas udara masih sangat baik untuk kesehatan.

"Berdasarkan hasil uji pemeriksaan kualitas udara di Aceh Barat, sejauh ini masih berada di bawah ambang batas. Artinya, kualitas udara di Aceh Barat masih sangat baik untuk kesehatan," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Aceh Barat, Mulyadi SHut kepada Antara, di Meulaboh, Selasa.

Ia menuturkan, hasil tersebut diperoleh setelah alat pengujian kualitas udara yang terpasang di beberapa titik di Aceh Barat dibuka dan dilakukan analisa.

Sesuai dengan hasil pemeriksaan, belum ditemukan adanya pencemaran kualitas udara.

Tidak hanya itu, pihaknya juga melakukan pengawasan dan pemeriksaan terhadap hasil pengolahan industri seperti kelapa sawit dan batu bara serta aneka industri lainnya.

Hasilnya, semua laporan yang dilakukan pemeriksaan belum ditemukan adanya pencemaran dan masih berada di bawah ambang batas yang dianjurkan.

"Memang pengawasan terhadap uji kualitas udara dan limbah industri di Aceh Barat ini kita periksa secara berkala. Hal ini dilakukan agar kesehatan masyarakat dapat terjamin dan terhindar dari pencemaran," jelas Mulyadi.

 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019