Setelah melalui proses seleksi, audisi, hingga penjurian panjang, M Chairul Basyar dan Mursyida Ulfa tampil sebagai juara pertama dalam pemilihan Duta Wisata Aceh Besar 2019, Minggu (8/7) malam.

Kedua pasangan agam-inong ini dinobatkan sebagai juara Duta Wisata Aceh Besar 2019 setelah berhasil mengungguli delapan pasangan finalis lainnya.

Adapun juara dua diraih oleh Syukrullah dan Nelly Zarnida, M Rifki Al-Fani dan Rizka Faradila memperoleh juara tiga, serta juara favorit satu didapatkan oleh Fanny Al-Hadi dengan pasangannya Cut Dara Sari Mulia.

Sementara finalis lainnya yakni agam Burnawi, M Raja Aditya, Malik Al Jabar, Rahmad serta inong Cut Mutiah Aksyah, Siti Ichtiarni Oktari, Cut Dara Maulydistira dan Amrina Nazli.

Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali dalam sambutannya menyebutkan duta wisata merupakan suatu ikon yang sangat penting untuk mendongkrak kemajuan sektor pariwisata.

“Kita tidak menilai duta itu harus yang cantik sekali atau yang tinggi sekali, tetapi harus yang memiliki dan mencerminkan sebuah karakter yang baik,” jelasnya.

Lanjutnya, karakter yang baik itu haruslah menjiwai kepribadiannya sebagai putra Aceh dan memiliki kecerdasan pengetahuan dibidang agama, budaya, adat istiadat dan mempunyai budi pekerti yang mulia.

“Inilah yang perlu dijaga hingga nanti nya bisa menjadi contoh bagi anak-anak muda lainnya,” kata Mawardi Ali.

Oleh karena itu, ia berharap para duta wisata ini harus berperan aktif dalam mempromosikan segala destinasi wisata dan budaya yang ada di Aceh Besar.

Sebelumnya, para finalis tersebut telah dibekali kemampuan public speaking serta penguatan pengetahuan tentang budaya, pariwisata dan etika selama tiga hari. 

Pewarta: Mabrur

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019