Badan Pertanahan Nasional Provinsi Aceh terus menuntaskan upaya pembebasan lahan pembangunan jalan tol di Aceh yang menghubungkan antara Kabupaten Aceh Besar dengan Kabupaten Pidie.

"Sejauh ini upaya pembebasan lahan tol Aceh sudah sampai di Kecamatan Lembah Selawah, Kabupaten Aceh Besar," kata Kepala Tata Usaha BPN Provinsi Aceh, M Taufik kepada ANTARA di Meulaboh.

Menurutnya, pembayaran terhadap ratusan hektare lahan masyarakat yang sudah dibebaskan tersebut saat ini masih dalam tahap verifikasi untuk dilakukan pelunasan, serta dilakukan verifikasi data oleh Badan Pemeriksa Keuangan Pembangunan (BPKP) Aceh.

Baca juga: Proyek Tol Banda Aceh-Sigli Seksi 5 masuki tahap pematangan lahan

Apabila verifikasi data tersebut tuntas dilakukan, maka seluruh lahan yang sudah dibebaskan tersebut sudah layak dilakukan pembayaran oleh Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) kepada masing-masing pemilik tanah.

Dampak dari banyaknya lahan yang sudah dibebaskan selama ini, progres pembangunan jalan tol di Aceh yang digagas oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo saat ini masih berjalan lancar dan tidak mengalami hambatan atau pun kendala di lapangan.

Bahkan pihaknya memprediksikan, dalam tahun ini, upaya pembebasan lahan untuk proyek strategis nasional tersebut akan sampai ke Kabupaten Pidie sesuai dengan yang telah ditargetkan pemerintah.

Baca juga: Pembagunan Tol Banda Aceh-Sigli berjalan lebih cepat

"Sejauh ini sudah 70 persen lahan sudah dibebaskan untuk proyek jalan tol di Aceh," kata M Taufik menambahkan.

Meski tidak ingat jumlah rincinya, mengakui saat ini sejumlah aset bidang tanah yang sudah dibebaskan tersebut juga sedang dilakukan pembuatan sertipikat sebagai aset negara, pungkasnya.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019