Sebanyak 171 gampong se-Aceh Besar melaksanakan pesta demokrasi pemilihan Geuchik (Kepala Desa) secara serentak hari ini, Senin (5/8).

 Ketua Panitia Pemilihan Keuchik (P2K) Gampong Garot, Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar, Makmur Ediansyah, Senin,  mengatakan pemilihan Geuchik secara langsung  itu menjadi ajang yang sangat sakral untuk menentukan nasib gampong ke depan.

“Warga sudah mulai berdatangan semenjak jam 7.30 WIB untuk melakukan pemilihan kepala desa,” ujarnya.

Dari amatan LKBN Antara Aceh di lokasi, antusiasme dari para warga sangat luarbiasa pada pemilihan kali ini.

Ediansyah mengatakan sekitar 85% lebih dari 3.274 jiwa warga gampong tersebut ikut berpartisipasi dalam pemilihan untuk menentukan pimpinan kepala desa Garot, Aceh Besar itu.

“Alhamdulillah animo masyarakat sangat bagus, tertib. Dari pihak keamanan sendiri kita turut dibantu dari Polsek juga Koramil,” katanya.

Di Gampong Garot sendiri mempunyai lima dusun yakni, Dusun Teladan, Dusun Indah, Dusun Melati, Dusun Garot dan Dusun Kopri. 

Dari kelima dusun tersebut, ada sebanyak lima calon kandidat yang ikut berkompetisi dalam Pilchiksung se-Aceh Besar 2019 ini yakni, Hasyimi S, Arifin, Mukhtar S.Sos, Teddy Helvian SE, dan Sulaiman SH.

Sementara itu, Tokoh masyarakat gampong, Teuku Ridha berharap agar kontestasi ini menjadi ajang untuk memperkuat kembali sinergi antar warga dalam menentukan pemimpin desa.

“Kita berharap kepada siapa pun calon yang terpilih nantinya bisa berkontribusi besar dalam pembangunan gampong baik dari fasilitas maupun program-program yang akan dijalankan,” katanya.

Ia juga berharap agar para calon yang terpilih dapat meningkatkan mutu sumber daya manusia dari gampong tersebut melalui ide-ide dan program yang dibuat.
 

Pewarta: Mabrur

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019