Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Sultan Iskandar Muda (SIM) Kolonel Pnb Hendro Arief H menerima kunjungan military attache tour atau tur atase militer negara sahabat di VIP Room Lanud Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar. Selasa. 

"Kunjungan ini bertujuan untuk meningkatkan kerja sama internasional dan menjalin komunikasi antara TNI dengan para atase militer negara sahabat, serta saling berinteraksi, berkomunikasi dan bertukar informasi mengenai isu-isu penting yang bermanfaat," kata Kolonel Pnb Hendro Arief H.

Perwira menengah TNI AU itu juga mempromosikan pariwisata dan budaya Indonesia khususnya Provinsi Aceh, yang terkenal dengan kopi dan batik motif pintu Aceh serta banyak ragam dan unik lainnya. 

Kolonel Pnb Hendro Arief H menjelaskan tentang tugas pokok dan peran Lanud Sultan Iskandar Muda dalam menjaga keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Tugas pokok Lanud SIM mendukung operasi udara dan mengoperasionalkan seluruh satuan jajaran serta pembinaan potensi kedirgantaraan, kata Kolonel Pnb Hendro. 

Sebagai satuan di lingkungan TNI Angkatan Udara, lanjut dia, Lanud Sultan Iskandar Muda berperan sebagai alat kekuatan pertahanan. Sedangkan di jajaran Koopsau I berperan sebagai ujung tombak TNI Angkatan Udara dalam menegakkan kedaulatan wilayah udara.

Kemudian, mempertahankan keutuhan wilayah dirgantara nasional bersama-sama dengan segenap komponen bangsa turut menjaga persatuan dan kesatuan NKRI di Provinsi Aceh.

"Kedudukan Lanud Sultan Iskandar Muda mempunyai posisi strategis karena berada pada wilayah berbatasan langsung dengan perairan internasional, yaitu Samudera Hindia dan Selat Malaka," ungkap Kolonel Pnb Hendro Arief.

Pewarta: M Haris Setiady Agus

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019