Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar meminta mahasiwa yang melaksanakan program kuliah kerja mahasiswa (KKM) di kabupaten tersebut dapat mengolaborasikan ilmu pengetahauan dan keterampilan saat berada di masyarakat.

"Kami berharap adik-adik mahasiswa dapat menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan kepada masyarakat selama melaksanakan KKM, sehingga ada hal-hal baru yang dapat dilakukan oleh masyarakat, terutama untuk peningkatan ekonomi keluarga," kata Shabela Abubakar di Takengon, Rabu.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela menerima 235 mahasiswa KKM dari Universitas Almuslim Bireuen yang di pusatkan di halaman depan Setdakab Kabupaten Aceh Tengah.

Shabela menjelaskan Kabupaten Aceh Tengah merupakan daerah pertanian dan pariwisata sehingga dalam KKM di kabupaten itu, mahasiswa yang berlatar bekalang jurusan pertanian dapat berbagi ilmu dengan masyarakat di daerah setempat.

"Sekitar 80 persen masyarakat Aceh Tengah bermata pencaharian di sektor pertanian, karena itu adik-adik mahasiswa, khususnya dari jurusan pertanian dapat berbagi ilmu dengan masyarakat di sini," katanya.

Dalam kegiatan penerimaan mahasiswa KKM tersebut, Shabela juga menjelaskan beberapa komoditi pertanian dan pertenakan di daerah itu yang saat ini sudah mendapat sertifikat dari kementerian.

Mahasiswa dari universitas Al Muslim tersebut akan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat selama satu bulan di beberapa kampung yang tersebar di tiga kecamatan, yaitu Bebesen, Lut Tawar dan Kecamatan Kebayakan.

Pewarta: M Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019