Bupati Aceh Timur H Hasballah HM Thaib mengatakan, keberadaan budaya asing sebagai akibat pengaruh globalisasi bisa menjadi ancaman bagi nilai-nilai kebangsaan.

"Kuatnya arus globalisasi yang dibarengi dengan masuknya budaya asing menjadi salah satu ancaman yang menimbulkan kekhawatiran terhadap tata nilai, norma-norma dan budaya yang dimiliki bangsa Indonesia," katanya di Idi, Rabu.

Bupati Hasballah melalui Asisten Administrasi Umum Setdakab Aceh Timur, M. Amin pada acara sosialisasi empat pilar wawasan kebangsaan mengatakan, perkembangan globalisasi telah berpengaruh terhadap kondisi di suatu negara.

Baca juga: Mesin boat rusak, nelayan Aceh Timur didaratkan ke Malaysia

"Sehingga kondisi yang demikian dapat diperparah dengan kurangnya kemampuan dan komitmen masyarakat dalam memahami tata nilai yang telah dimiliki. Efeknya adalah memperlemah kesadaran hidup berbangsa dan bernegara. Oleh karenanya perlu disosialisasi empat pilar kebangsaan atau sering disebut sebagai konsensus dasar kebangsaan," terang M Amin.

Di sisi lain, kegiatan tersebut dinilai sangat strategis dalam upaya menyatukan persepsi dan pandangan, sehingga dapat meningkatkan kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Peserta kita harap menjadikan motivator dan memberikan pemahaman yang benar tentang empat pilar kebangsaan di lingkungan tempat tinggalnya," pungkas M Amin.

Baca juga: Warga Aceh Timur ditemukan tewas di mulut buaya

Kegiatan tersebut dilaksanakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Aceh Timur yang diikuti 100 peserta yang terdiri dari tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, LSM dan para mahasiswa.

Kepala Kesbangpol Aceh Timur, Adlinsyah dalam laporannya menyampaikan, sosialisasi empat pilar kebangsaan untuk tokoh masyarakat dilaksanakan sehari penuh.

"Pemateri antara lain Dandim 0104 Aceh Timur, Kapolres Aceh Timur, dan pihak akademisi akan diisi Dr Fuadi, SH. M.H dari Unsam Langsa," katanya.

Baca juga: Ratusan santri bubarkan pengunjung pantai di Aceh Timur

"Tujuan kita laksanakannya sosialisasi empat pilar wawasan kebangsaan guna meningkatkan pengetahuan dan pemahaman serta menyamakan persepsi dikalangan tokoh masyarakat tentang nilai-nilai dari Pancasila dan norma hukum yang tertuang dalam UUD 1945," ujar Adlinsyah.

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019