Pondok pesantren Ma'had Aly Dayah Babussalam Al Hanafiyah diharapkan menjadi solusi untuk meningkatkan mutu pendidikan di Provinsi Aceh, khususnya di Kabupaten Aceh Utara.

"Berbicara pesantren berarti berbicara tentang pendidikan asli Indonesia, karena pesantren itu ada sebelum negara merdeka," kata Kepala Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh, H M Daud Pakeh pada saat peresmian Ma'had Aly Dayah Babussalam Al Hanafiyah di Kecamatan Matangkuli, Aceh Utara, Selasa.

Dikatakannya, masyarakat harus mempelajari sejarah pesantren yang ada di Indonesia khususnya di Aceh, seperti, Dayah Tgk Awe Geutah di Peusangan, Dayah Tgk Syik Ditiro (saman), Dayah Tgk Chik Tanoh Abee, Dayah Krueng Kalee dan lainnya.

"Sepenggal kisah sejarah tersebut cukup membuktikan bahwa pesantren telah berperan jauh sebelum Republik ini mengenal sistem pendidikan, dari dulu pesantren sudah memiliki kualitas dan ini harus kita pertahankan," ucapnya.

Ia juga menambahkan, seperti yang disampaikan Menteri Agama bahwa Ma'had Aly merupakan program unggulan Kementerian Agama yang telah dituangkan melalui PMA 71 tahun 2015, dimana Ma'had Aly menyelenggarakan program akademik Strata Satu untuk melahirkan mutafaqqih fiddin.  

"Ma'had Aly adalah wujud pelembagaan sistemik tradisi intelektual pesantren tingkat tinggi yang keberadaannya melekat pada pendidikan pesantren. Secara kelembagaan, posisi Mahad Aly adalah jenjang pendidikan tinggi keagamaan pada jalur pendidikan diniyah formal," tegas Kakanwil.

Kemudian, kata dia, kehadiran Ma'had Aly seperti universitas khusus yang akan melahirkan para alim di bidang agama, seperti fakutas kedokteran melahirkan para dokter, begitu juga dengan Mahad Aly mampu mencetak orang-orang yang memiliki keahlian ilmu agama, karena negara saat ini membutuhkannya, bukannya lulusan yang siap bekerja saja.

"Mudah-mudahan menjadi titik awal bangkitnya pendidikan Mahad Aly di Indonesia, bermula di Aceh untuk Indonesia," harapnya.

Dikatakannya lagi, pihaknya berusaha semaksimal mungkin untuk provinsi Aceh, harus mampu melahirkan legalitas pondok pesantren sebanyak mungkin pada program Ma'had Aly.

Selanjutnya, Kakanwil menerima SK Ma'had 'Aly Babussalam Al Hanafiyyah Matangkuli dari Direktorat Pondok Pesantren Kemenag RI yang diwakili Kasi Ketenagaan Subdit Diniyah, selanjutnya Kakanwil menyerahkan SK tersebut kepada pimpinan Dayah Babussalam Al Hanafiyah Waled H. Sirajuddin Hanafi.

Ma'had 'Aly Babussalam Al Hanafiyyah memperoleh izin pendirian lewat surat keputusan yang dikeluarkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI Nomor 2885 Tahun 2019 dengan Takhasus (Konsentrasi) yaitu bidang Tafsir wa 'Ulumuhu.

Pada kesempatan turut dihadiri oleh Direktorat Pondok Pesantren Kemenag RI yang diwakili Kasi Ketenagaan Subdit Diniyah Agus Umar, Kadis Pendidikan Dayah Aceh Utara Abdullah Hasbullah, Alim Ulama, Muspika dan tokoh masyarakat.

Pewarta: Dedy Syahputra

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019