Sejumlah pemuda di Kabupaten Aceh Barat mendapatkan pelatihan keahlian mengoperasikan alat berat tambang oleh manajemen PT Mifa Bersaudara dan PT Cipta Kridatama, guna mendapatkan lapangan kerja baru yang dipusatkan di Aula Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Aceh Barat di Meulaboh.

"Pemerintah daerah berharap agar para pemuda yang dilatih ini mampu memberikan contoh yang baik sebagai sumber daya manusia (SDM) Aceh yang berkualitas nantinya", kata Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Aceh Barat, Thalea Naldy di Meulaboh, Sabtu.

Menurutnya, pemuda yang sudah dilatih dalam program operator lulusan baru (fresh graduate operator/FGO) untuk para pemuda sekitar wilayah operasional tambang di kabupaten setempat, nantinya akan dikirim ke Kalimantan untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan operator.

Pemerintah daerah juga mengapresiasi program ini, karena sangat membantu pemerintah dalam menyediakan lapangan pekerjaan dan mempersiapkan SDM unggul di Aceh Barat nantinya.

sementara itu, Wakil Kepala Teknik Tambang PT Mifa Bersaudara, Indra Basudewa didampingi CSR & Corcomm Senior Manager Azizon Nurza  mengatakan, program tersebut merupakan program pelatihan khusus menjadi operator yang menyasar kalangan pemuda.

Para pemuda tersebut nantinya akan dilatih oleh kalangan profesional dari awal pengenalan menjadi operator hingga dapat mengoperasikan alat dengan handal nantinya selama enam bulan di Pulau Kalimantan.

"Pada dasarnya kehadiran PT Mifa dan PT Cipta Kridatama berkomitmen untuk terus mengadakan program pengembangan masyarakat di Aceh. Program ini merupakan komitmen kami untuk membina dan mengedepankan para pemuda agar berkompeten terutama di dalam dunia industri," kata Indra.

Pihaknya berharap kepada peserta yang terpilih dan dikirim agar bersungguh-sungguh dan serius mengikuti pendidikan dan pelatihan program tersebut, sehingga biaya besar yang akan dikeluarkan ini dapat memberikan dampak positif yang baik untuk kualitas dan kompetensi pemuda di Aceh Barat.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019