Pihak Polisi Sektor (Polsek) Kecamatan Langkahan, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, membantu membuatkan puluhan akte kelahiran secara gratis bagi balita dan anak kurang mampu yang ada di dearah itu.

Kapolres Aceh Utara AKBP Ian Rizkian Milyardin melalui Kapolsek Langkahan Ipda Samsul Bahri di Lhoksukon Senin mengatakan, kegiatan sosial ini dalam rangka Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) ke-67.

“Kegiatan ini adalah bagian dari mendekatkan diri dan silaturahmi Bhayangkari Ranting Polsek Langkahan dengan masyarakat setempat, dalam rangka HKGB ke-67,” kata Ipda Samsul Bahri menerangkan.

Baca juga: Bhayangkari Aceh Jaya bagi akte kelahiran gratis

Dikatakan, proses pembuatan akte kelahiran ke dinas terkait di Lhoksukon sudah dilaksanakan beberapa waktu lalu, dan hari ini merupakan penyerahannya yang diterima pihak keluarga masing-masing.

Penyerahan akte dilakukan Ipda Samsul Bahri secara simbolis, berlangsung di Gampong (desa) Krueng Lingka pagi tadi, kemudian dilanjutkan ibu-ibu Bhayangkari dan Kasi Pemerintahan Kantor Camat Langkahan, Erna serta Hamdani, Ketua Forum Keuchik setempat.

Samsul Bahri menjelaskan, ada 66 anak dan balita yang dibuatkan akte kelahiran tersebut, mereka tersebar di sejumlah gampong dengan rincian, 47 jiwa asal Krueng Lingka, 6 jiwa asal Paya Tukai, 6 jiwa asal Matang Rubek, 4 jiwa warga Langkahan dan 3 jiwa anak dari Lubuk Mane, kecamatan setempat.

Baca juga: Gadis belia jadi korban pencabulan di Aceh Utara, diajak jalan pakai CRV

Disebutkan, awalnya Polsek Langkahan menyampaikan informasi ini kepada para keuchik (kepala desa) untuk disampaikan kepada warga, bahwa dalam rangka HKGB ke -67, pihaknya akan membantu masyarakat kurang mampu dalam pembuatan akte kelahiran secara gratis.

“Setelah disampaikan kepada masyarakat, maka segala persiapan yang sudah dikumpulkan dijemput ke gampong masing-masing, kemudian data ini kami serahkan ke Polres (selanjutnya dibawa ke dinas), karena seluruh Polsek dalam jajaran Polres Aceh Utara juga menggelar kegiatan serupa,” sebut Ipda Samsul Bahri.

Pihaknya berharap, agar kegiatan ini setidaknya dapat membantu masyarakat yang ingin membuatkan akte tersebut, apalagi akte kelahiran itu sangat diperlukan terutama bagi anak yang ingin bersekolah.

Pewarta: Zubir

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019