Pengasuh Pondok Pesantren Ribath Al Murtadla Al Islami Singosari, Malang, Jawa Timur, KH Luthfi Bashori, pada Selasa (3/9) malam, mengisi ceramah agama di Masjid Gampong (desa) Asan LB, Kecamatan Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara.

Ketua Panitia kegiatan, Jamaluddin Ismail yang juga Keuchik (kepala desa) Asan LB, dihubungi di Lhoksukon Rabu mengatakan, ceramah agama itu berlangsung di Masjid Baitul Karaamah Gampong Asan LB.

"Ceramah agama yang diisi Kiai Luthfi Bashori dalam rangka memperingati tahun baru Islam 1441 Hijriah, dilaksanakan oleh Tastafi Kecamatan Lhoksukon, bersamaan dengan pelantikan pengurus Tastafi Gampong Asan LB di Masjid Baitul Karaamah," kata Jamaluddin.

Baca juga: Pemuda di Aceh Utara diajak cegah narkoba

Ceramah Kiai Luthfi, kata Jamaluddin, juga dihadiri Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf, Ketua Pengurus Tasawuf, Tauhid, dan Fiqih (Tastafi) Aceh Utara Waled Sirajuddin dan Ketua Tastafi Lhoksukon Abi Ibnu Abbas, yang juga Imum Syiek (Imam besar) Masjid Baitul Karaamah.

Kemudian turut juga dihadiri pihak Muspika Lhoksukon dan para keuchik yang ada di kemukiman setempat, serta ribuan jamaah dari berbagai kalangan.

Baca juga: Ulama Aceh Utara bubarkan judi sabung ayam

Sebelum ke Gampong Asan LB, tambah Jamaluddin, Kiai Luthfi terlebih dulu dijamu makan malam di Pendopo Wakil Bupati di Lhoksukon setibanya di Aceh Utara, usai menempuh jalan darat dari Medan, Sumatera Utara.

"Sebelum ceramah berlangsung, terlebih dulu Ketua Tastafi Lhoksukon Abi Ibnu Abbas melantik pengurus Tastafi Gampong Asan LB, dengan jumlah anggotanya 95 orang, sementara ketuanya Tgk Murhaban," sebut Jamaluddin.

Baca juga: Polisi di Aceh Utara bantu buatkan akte kelahiran bagi anak desa


Setelah serangkaian kegiatan pelantikan pengurus Tastafi Gampong Asan LB, acara dilanjutkan dengan kata sambutan Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf, kemudian ceramah agama oleh Kiai Luthfi hingga berakhir dengan pembacaan doa.

 

Pewarta: Zubir

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019