PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Cabang Banda Aceh membangun sarana penyediaan air minum dan MCK Gampong Lambaro Sukon, Kecamatan Darussalam, Kabupaten Aceh Besar.

"Kita berharap kepada masyarakat penerima manfaat dapat terus memberikan kontribusi untuk berbagai program lainnya dari BNI melalui BUMN hadir untuk negeri," kata Pimpinan PT BNI Cabang Banda Aceh Amri Hidayat Arief, Minggu.

Ia menjelaskan bantuan yang anggarannya bersumber dari dana CSR BNI tersebut dapat dimanfaatkan secara optimal bagi  sekitar 772 jiwa penduduk Gampong Lamnaro Sukon, Aceh Besar itu.

Sebagai awal pengoperasian penggunaan sarana air bersih dan MCK itu dengan ditandatanganinya prasasti oleh Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali pada 6 September 2019 di gampong tersebut.


Bupati Aceh Besar Mawardi Ali mengapresiasi apresiasi  atas bantuan sarana dan prasarana air minum bagi masyarakat Lambaro Sukon dari PT BNI program BUMN hadir untuk Negeri.

Menurutnya, program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) di daerahnya terdapt beberap lokasi dan salah satunya di Lambaro Sukon. “Sistem pembangunan Pamsimas ini dibangun melalui kolaborasi antara Pemkab Aceh Besar PT Bank BNI,” sebut Mawardi Ali.

Selain di Lambaro Sukon, yang saat ini sudah berjalan Pamsimas juga di Kota Jantho. Banyak Pamsimas dibangun yang setiap tahun ada tiga Gampong. “Apa yang sudah bangun dapat dimanfaatkan dan dijaga dengan baik,” pintanya.

Ia berharap Pamsimas di Gampong Lambaro Sukon ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat karena ini merupakan PDAM masyarakat yang akan di kelola oleh masyarakat sendiri. 

Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Aceh. M Yoza Habibie mengatakan sumber pembiayaan Pamsimas yang membangun sumur bor, tower, dan sebagian jaringan perpipaan yang dikolaborasikan dengan sumber dana CSR dari Bank BNI dengan totalnya Rp 118 juta di Gampong Lambaro Sukon bisa mengakses 100 persen air bersih dan meningkatkan akses sanitasi.
 

Pewarta: Azhari

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019