Sebanyak 14 orang warga yang tersebar di enam kecamatan di Kabupaten Aceh Barat kini positif terjangkit serangan penyakit kaki gajah (lymphatic filariasis).

Sebaran warga yang terjangkit penyakit yang tergolong menular tersebut diantaranya di Kecamatan Arongan Lambalek sebanyak empat orang, Kecamatan Bubon satu orang, Johan Pahlawan lima orang, Kecamatan Sungai Mas satu orang, Kecamatan Woyla dua orang, serta di Kecamatan Woyla Barat sebanyak satu orang penderita.

"Penyakit kaki gajah termasuk penyakit menular, karena penyakit ini masuk ke tubuh manusia melalui gigitan nyamuk," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat, Syarifah Junaidah di Meulaboh, Selasa.

Menurutnya, penyakit tersebut ditularkan oleh cacing filariodidea yang menginfeksi kelenjar getah bening yang ada di tubuh manusia.

Cacing yang terbawa oleh gigitan nyamuk tersebut dapat hidup di tubuh manusia selama tujuh tahun lamanya dan bisa berkembang biak.

Agar serangan penyakit menular dan berbahaya ini dapat dicegah, pihaknya saat ini sudah menyiapkan kader filariasis sebanyak 1.288 orang kader yang terdiri empat orang kader kesehtan per desa.

Kader ini diharapkan mampu melakukan penyuluhan kepada masyarakat yang tersebar di 322 desa di Kabupaten Aceh Barat, agar dapat terhindar dari serangan penyakit kaki gajah, katanya.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019