Sebanyak 392 jamaah haji Debarkasi Aceh yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 9 tiba di daerah paling barat Indonesia ini, dan tercatat sudah 1.137 orang jamaah yang kembali dengan selamat ke tanah air.

"Dari total 4.666 jamaah kita yang berangkat, tinggal tiga kloter lagi di Arab Saudi. Dan 15 orang telah meninggal dunia," kata Wakil Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Aceh, H Saifuddin, di Banda Aceh, Kamis.

Dia menjelaskan, jamaah kloter 9 yang berasal dari Aceh Besat dan Bireuen tersebut mendarat melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar, pukul 01.00 WIB.

Baca juga: Satu lagi haji Aceh meninggal di Arab Saudi

"Alhamdulillah, jamaah haji kita dari kloter 9 telah mendarat dengan selamat. Dan ada dua jamaah kita yang harus dirujuk ke rumah sakit umum daerah Zainoel Abidin," katanya.

Jamaah yang tiba sebanyak 392 tersebut dengan rincian 147 orang jamaah laki-laki dan 245 orang perempuan. Namun saat keberangkatan ke Arab Saudi berjumlah 391 orang, namun dua orang meninggal dunia di Arab Saudi. Dan dua orang dari kloter 12 dan satu dari kloter 10 yang pulang bersama kloter ini.

Baca juga: Tiba di Aceh, empat jamaah haji dirujuk ke rumah sakit

Panitia kesehatan Debarkasi Aceh, dr Maya Sofia mengatakan dua jamaah yang di rujuk ke rumah sakit berasal dari Bireuen dan delapan jamaah lain diobservasi di klinik kesehatan asrama haji Aceh.

"Dua jamaah dari Bireuen, dari bandara langsung kita rujuk ke RSUZA. Delapan jamaah lain juga kita rawat di klinik," katanya.

Baca juga: 2.339 jamaah haji Aceh telah kembali ke tanah air

Para jamaah yang dirujuk yakni Mahdalena (42) karena muntah muntah dan nyeri di perut bagian atas. Serta dia juga mengidap hipertensi tingkat dua. Kemudian Isnaini (48) mengidap penyakit lupus (SLE) dan juga kekurangan albumin serta mengalami anemia. 

Pewarta: Khalis

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019