Sebanyak 111 atlet Kontingen Mahasiswa Aceh siap bertanding dan meraih prestasi terbaik pada Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) XVI yang di gelar di Jakarta, 19 - 26 September 2019.

Kontingen Pomnas Aceh yang berkekuatan 111 atlet, 57 pelatih dan official dilepas Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah yang diwakili Kadispora Aceh, Dedi Yuswadi di Gelanggang Mahasiswa Prof A Madjid Ibrahim, Darussalam, Banda Aceh, Sabtu (14/9) sore. 

Gubernur Nova Iriansyah dalam sambutannya yang disampaikan Kadispora Aceh, Dedi Yuswadi mengatakan,  kegiatan olahraga mahasiswa Aceh terus berkembang, terutama di Unsyiah. Banyak event mahasiswa yang telah menghasilkan prestasi bagi atlet Aceh. 

Baca juga: Anggaran KONI Aceh masih kurang, atlet Porwil X terancam berangkat dengan bus

Gubernur berharap para atlet mahasiswa Aceh dapat meraih prestasi terbaik di Pomnas.
 
Sebagian besar atlet Pomnas Aceh juga sedang dipersiapkan ke Pra PON dan Porwil X Sumatera, sebagai ajang prakualifikasi PON XX/2020 di Papua. 

Atlet mahasiswa Aceh, pintanya dapat terus berbenah untuk menghadapi Pra PON, Porwil, PON Papua dan persiapan PON XXI/2024 Aceh - Sumut.

Baca juga: Aceh targetkan 10 besar PON 2020 Papua

Dalam kesempatan sama, Ketua Harian KONI Aceh, Kamaruddin Abubakar atau Abu Razak mengatakan, akan mendampingi dan memantau perkembangan prestasi atlet Aceh selama bertanding di Pomnas. 

Abu Razak mengharapkan, prestasi atlet Aceh dapat meningkat di Pomnas dan berkembang serta berprestasi di Pra PON, Porwil, PON Papua dan PON XXI/2024 Aceh - Sumut. 

Wakil Rektor III, Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unsyiah, Dr Ir Alfiansyah Yulianur Bcl dalam laporannya mengatakan, Kontingen Pomnas Aceh akan mengikuti 14 cabang olahraga. 

Baca juga: Optimalkan Pelatda, KONI Aceh yakin raih hasil maksimal Pra PON XX dan Porwil X

Yulianur menyebutkan, Kontingen Aceh menargetkan bisa memperbaiki peringkat di Pomnas XV/2017 di Makasar, peringkat 17 dengan meraih satu medali emas, dua perak dan delapan perunggu, bisa meraih peringkat 10 besar pada Pomnas XVI/2019 di Jakarta. 

Untuk mencapai target 10 besar, katanya, Kontingen Aceh konsentrasi pada cabang andalan beladiri, olahraga terukur dan permainan yaitu tarung derajat, pencak silat, kempo, petanque, tenis lapangan, tenis meja, anggar, atletik dan catur.

Cabang lainnya, diharapkannya juga dapat meraih medali di multi event olahraga mahasiswa ini guna meraih target memperbaiki peringkat Aceh.

Pewarta: Heru

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019