Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Muhammad Lutfi mengatakan di zaman kolaborasi atau era industri 4.0 Kadin Aceh harus mampu menumbuhkan perekonomian masyarakat sehingga terciptanya kesejahteraan.

"Kita ingin menambahkan nilai industri di Aceh. Tantangan kita bagaimana kita berkolaborasi menciptakan kesejahteraan masyarakat Aceh," katanya, di Banda Aceh, Sabtu malam (14/9).

Pernyataan itu disampaikan Lutfi dalam acara pelantikan pengurus Kadin Aceh periode 2019-2024, yang dinahkodai Makmur Budiman sebagai ketua umum.

Dia menjelaskan, masyarakat sekarang ini berada dalam tahap industri berbasis teknologi. Dulu, katanya, tatanan perdagangan disebut dengan kompetisi, artinya tatanan yang menampilkan pemenang dan banyak juga para pencundang dalam perdagangan.

"Tapi era sekarang ini adalah era kolaborasi artinya kedua belah pihak atau banyak pihak mesti membawa sumber daya manusia, sumber daya alam, atau kelebihannya untuk bersama-sama berkolaborasi," katanya.

Ketua Umum Kadin Aceh, Makmur Budiman mengharapkan kepada segenap pengurus baru di bawah arahannya untuk dapat bekerjasama hingga akhir periode, dalam upaya mewujudkan kesejahteraan di Aceh.

Bahkan mereka telah menyiapkan lima program dalam upaya membantu pemerintah untuk menumbuhkan perkonomian Aceh. Mulai dari rekomendasi serta meminta dukungan pemerintah pusat dan Kadin Indonesia untuk memajukan Aceh.

"Apapun yang kita lakukan akan menjadi ringan ketika kita sesama pengurus saling mendukung," katanya.
 

Pewarta: Khalis Surry

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019