Bupati Aceh Besar Mawardi Ali menyatakan alokasi dana gampong/desa yang dianggarkan oleh Pemerintah ke setiap desa di kabupaten itu khusunya dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Keuchik dan seluruh perangkat gampong/desa harus mampu membuat program peningkatan ekonomi, usaha kecil, sosial budaya untuk kesejahteraan masyarakat dengan keterlibatan seluruh warga,” kata Mawardi Ali di Jantho, Selasa.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela melantik sebanyak 134 keuchik/kepala desa pemilihan serentak yang berlangsung di Jantho Sport Center, Kota Jantho yang turut dihadiri unsur Forkopimda setempat.

Ia menjelaskan dana desa yang telah dialokasikan oleh Pemerintah yang masuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Gampong (APBG) tersebut dapat menjadi gampong sejahtera dengan kekuatan swadaya.

“Kami sangat berharap agar dana desa atau gampong yang diberikan kewenangan penuh pada desa dapat dikelola secara maksimal untuk menyejahterakan masyarakat dan meningkatkan pembangunan,” katanya.

Ia juga mengatakan program pembangunan yang diajukan melalui APBG tersebut juga harus disinkronkan dengan kabupaten sehingga program yang telah dicanangkan dapat berjalan maksimal di masa mendatang.

Ia juga berpesan kepada keuchik yang baru dilantik tersebut dapat mengemban amanh sebaik-baiknya untuk memperjuangkan kesejahteraan masyarakat serta menjadi tauladan bagi warga yang dipimpinnya tersebut.

“Keuchik harus menjadi panutan bagi warganya dalam segala bidang sosial dan keagaam serta dapat mengayomi seluruh masyarakat untuk terlibat aktif dalam membangun gampong,” katanya.
 

Pewarta: M Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019