Kepala Perum LKBN Antara Biro Aceh, Azhari berbagi ilmu jurnalistik dasar dan sejarah 
Lembaga Kantor Berita Nasional Antara dengan mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam, Banda Aceh.

Kegiatan pelatihan jurnalistik tingkat dasar tersebut diselenggarakan oleh lembaga pers mahasiswa Haba Aneuk Hukom (HaHo) Fakultas Hukum Unsyiah. 

"Saat ini wartawan salah satu profesi yang strategis, kerena semua orang ingin mengetahui apa yang terjadi hari ini. Dan tentu saja informasi ini yang dilahirkan oleh media yang terpercaya," kata Azhari saat menyampaikan materi, Sabtu.

Dalam kegiatan tersebut mahasiswa memanfaatkan kesempatan sebaik mungkin untuk menggali ilmu dari Azhari, mulai dari pengenalan jenis berita, cara menulis berita, etika dalam kegiatan jurnalistik serta kerja-kerja jurnalistik lainnya.

"Tidak semua fakta itu bernilai berita. Kemudian sebuah berita itu jangan sampai menimbulkan pertanyaan pembaca, makanya kita harus membuat berita dengan lengkap dan jelas agar pembaca tidak bertanya-tanya informasi yang kita sampaikan," katanya.

Selain Azhari, dalam kegiatan pelatihan jurnalistik dasar tersebut juga diisi oleh pewata Antara Foto wilayah Aceh Irwansyah Putra tentang materi fotografi jurnalistik. 

Kemudian Aprizal Rachmad yang memberi materi vidiografi jurnalistik dari Anadolu Agency serta Ratno Sugito dari Naratif.id memberi materi pengembangan keorganisasian.
 

Pewarta: Khalis Surry

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019