Ratusan personel TNI di jajaran Kodim 0110/Aceh Barat Daya (Abdya) menjalani tes urine secara mendadak untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba pada tubuh angkatan perang Indonesia.

Acara tes urine yang berlangsung di Blangpidie, Senin, dipimpin langsung Komandan Kodim 0110/Abdya Letkol Czi M Ridha Has, dengan menggandeng Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Aceh Selatan.

Baca juga: Pemda Aceh Jaya tes urine 151 CPNS Aceh Jaya

Amatan di lapangan, proses tes urine prajurit TNI tersebut dikawal ketat anggota Provost dan tim Intel Kodim 0110/Abdya. Satu persatu para prajurit memberikan sample urinenya ke petugas BNNK lengkap dengan label nama masing-masing.

Dandim 011/Abdya, Letkol Czi M Ridha Has kepada wartawan menyebutkan, tes urine di kalangan prajurit itu salah satu agenda rutin dilakukan setiap triwulan untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba pada personil TNI.

Baca juga: Puluhan sopir angkutan umum mendadak dites urine

"Ini bukan untuk cari-cari kesalahan. Hanya saja saya ingin memastikan bahwa prajurit TNI yang berugas di jajaran Makodim 0110/Abdya ini benar-benar bersih dari obat terlarang itu," tegas Ridha Has.

Menurut Ridha Has bahaya Narkoba saat ini sudah sangat mengkhawatirkan, sehingga seluruh prajurit TNI perlu dites urinenya  untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan Narkotika.

Baca juga: Pakai Narkoba seorang polisi di Lhokseumawe direkomendasikan pecat

Apalagi, Narkoba saat ini sudah masuk ke semua kalangan masyarakat, mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa, sehingga diperlukan langkah konkrit dari semua pihak untuk pencegahan barang haram itu.  

"Utama sekali dimulai pencegahannya dari keluarga masing-masing, dan, saya selaku Komandan Kodim 0110/Abdya sangat bersyukur tidak ada satupun prajurit saya  yang positif  menggunakan narkoba,” terangnya.

Ridha Has berharap agar kebersihan parjurit dari narkoba terus dipertahanakan sehingga bisa dicontohkan dan ditauladani oleh lapisan masyarakat, bahwa TNI benar-benar bersih dari Narkotika.

“Bagaimana kita kampanye perang narkoba jika kita sendiri penggunanya. Makanya dari awal saya peringatkan agar seluruh prajurit TNI bertugas di jajaran Kodim 0110/Abdya jangan sekali-kali mendekati Narkoba, dan bila terlibat, saya pastikan dipecat secara tidak hormat,” tandasnya.

Pewarta: Suprian

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019