Pengprov Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Aceh menggelar kompetisi Kejuaraan Provinsi (Kejurprov), yang diikuti sebanyak 343 pebulutangkis dari seluruh kabupaten/kota di Aceh.

Ketua Pengprov PBSI Aceh Nahrawi Noerdin di Banda Aceh, Sabtu mengatakan, kejuaraan tersebut merupakan agenda tahunan yang digelar pihaknya dalam upaya memajukan olahraga tersebut di daerah berjulukan serambi mekkah itu.

"Tujuannya untuk menjaring atlet-atlet potensial dari seluruh Aceh untuk selanjutnya dibina dan ke depannya dipersiapkan mengikuti kejuaraan tingkat nasional," katanya.

Dia menjelaskan, Kejurprov tersebut akan berlangsung mulai 6-12 Oktober mendatang, di Gedung Olahraga Lambhung, Kecamatan Meuraxa, Banda Aceh. 

Kata dia, acara tersebut akan dibuka oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Aceh. Dan pebulutangkis itu akan ambil bagian pada masing-masing kelas seperti tingkat usia dini, pemula, remaja, dewasa hingga veteran.

Menurutnya, Kejurprov itu juga bagian dari seleksi yang dilakukan PBSI Aceh guna menghadapi berbagai kompetisi di tingkat nasional seperti pekan olah raga wilayah, dan Pra-PON di Bengkulu nantinya.

"Kita akan melihat klub yang paling siap nanti dan komplet atletnya tampil di semua nomor yang dipertandingkan untuk mewakili Aceh di kompetisi tersebut nanti,” kata Nahrawi.

Kemudian, kata dia, Kejurprov PBSI Aceh tersebut yang diikuti dari semua kategori akan memperebutkan total hadiah Rp52 juta beserta sertifikat dan medali.

“Ini juga sebagai ajang untuk membuktikan pebulutangkis Aceh nantinya mampu bisa bersaing di level nasional maupun Internasional,” katanya.

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019