Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan kepada masyarakat terutama yang berprofesi sebagai nelayan di Aceh untuk mewaspadai terjadinya gelombang tinggi, mengingat Aceh telah memasuki musim penghujan.

"Aceh sudah memasuki awal musim penghujan. Untuk gelombang relatif aman, tapi tetap waspada tinggi gelombang mencapai tiga meter," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meterologi Aceh, Zakaria Ahmad di Banda Aceh, Sabtu.

Dia menjelaskan, masyarakat yang harus mewaspadai tinggi gelombang mencapai tiga meter tersebut untuk wilayah Samudera Hindia barat Aceh dan sekitarnya.

Kata dia, BMKG mencatat peta gelombang tersebut yakni Sabang-Banda Aceh mulai 0,50 sampai 2,50 meter, kemudian Utara-Timur Aceh mulai 0,50 hingga 1,50 meter, Barat-Selatan Aceh mulai 0,75 hingga 2,50 meter.

Kemudian untuk wilayah Selat Malaka bagian Utara 0,75 hingga 1,50 meter serta Samudera Hindia Barat Aceh mulai 2,00 hingga 2,50 meter.

Selanjutnya, mereka juga mencatat bahwa hujan hampir 23 kabupaten/kota di Aceh diprediksikan hujan turun mulai  pukul 13.00 WIB atau 16.00 WIB. 

Bahkan ada beberapa kabupaten yang akan terjadi hujan petir seperti Aceh Barat, Aceh Jaya, Nagan Raya, Bireuen, Pidie, Pidie Jaya, Aceh Tegah dan Gayo Lues.

 

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019