Pemerintah Aceh memilih Kota Sabang sebagai pusat kegiatan wisata Diving Internasional Festival dan Championship dalam upaya promosi guna meningkatkan pariwisata serta membangun pariwisata halal di daerah tersebut.

Acara yang berlangsung di Pantai Gapang, Gampong (desa) Iboih, Kecamatan Sukakarya, Sabang tersebut resmi dibuka Asisten Deputi Destinasi Kementerian Pariwisata RI, Reza Fahlevi, Minggu.

Kegiatan tersebut merupakan hasil kerjasama antara Pemerintah Aceh melalui Dinas Pariwisata Aceh, Kemenpar RI, Pemko Sabang serta BPKS Sabang.

Kepala Dinas Pariwisata Aceh melalui Kepala Bidang Pemasaran Ramadhani mengatakan Aceh International Diving Festival dan Championship 2019 dengan tema “Lets Explore Sabang Wonderful Underwater” dilaksanakan untuk meningkatkan pariwista Aceh serta menciptakan pariwisata halal di Sabang.

Kata dia, kegiatan itu juga untuk memperkenalkan kepada dunia bahwa Sabang memiliki keindahan bawah laut yang luar biasa. Maka, diharapkan kepada Kemenpar RI agar dapat membantu Aceh, khususnya Sabang dalam membangun sektor pariwisata.

"Pemerintah Aceh menyadari Sabang belum memasuki 10 besar tempat wisata yang sering dikunjungi, oleh karenanya dimohon kepada peserta agar dapat menjaga kebersihan karena ini merupakan branding yang sangat baik bagi Aceh khususnya Sabang," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Sabang dalam sambutan yang dibacakan Sekda Kota Sabang Zakaria menyampaikan kegiatan tersebut memiliki tujuan yang sangat baik untuk meningkatkan arus wisata di Aceh, khususnya di Sabang.

Maka Pemko Sabang sangat mendukung sepenuhnya atas berbagai event atau kompetisi pariwisata digelar di Sabang.

"Karena selain salah satu ajang promosi juga akan menjadikan Sabang semakin lebih hidup dan ramai dikunjungi wisatawan," kata dia.

Pemkot Sabang juga berterimakasih kepada Kemenpar RI dan Pemerintah Aceh karena sudah mengadakan event yang bertaraf Internasional di Sabang. 

"Harapan kami Kemenpar dan Pemerintah Aceh dapat berkonsultasi dalam menentukan event-event ke depannya dalam rangka meningkatkan pariwisata kota Sabang," kata dia.

Kemudian, Reza Pahlevi mengatakan Sabang memiliki berbagai tempat wisata seperti wisata sejarah, desa wisata, budaya, serta heritage destinasi cruise Sabang dan lainnya. Hanya saja bagaimana pemerintah mengelola dengan baik dan memasarkan ke kancah Internasional.

Kata dia, bagaimana cara kita meningkatkan Sabang dengan segala potensi yang besar. Dengan cara diantaranya mengadakan atraksi-atraksi, event-event yang dapat menarik wisatawan datang ke Sabang, maka semua itu yang memetakan adalah Pemko Sabang dan akan dibantu Dinas Pariwisata Aceh.

"Setiap tahun harus kita tingkatkan standar dive Sabang dengan cara mengadakan sertifikasi para diver di tempat-tempat usaha. Dan kewajiban kita untuk konservasi serta menjaga keaslian terumbu karang dan tempat yang dilindungi," katanya.

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019