Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tamiang mengerahkan tidak mobil pemadam kebakaran (damkar) untuk memadamkan dua unit rumah yang hangus terbakar di lokasi berbeda pada Rabu (9/10) pukul 19.15 WIB dan Kamis dini hari tadi.

"Satu unit rumah yang kemarin terbakar di Kampung (Desa) Bundar, Kecamatan Karang Baru. Sedangkan dini hari tadi sekitar pukul 01.50 WIB di Gang Rambutan, Desa Balai, Kecamatan Bendahara," ujar Kasi Damkar BPBD Aceh Tamiang, Doni di Kualasimpang, Kamis.

Ia menerangkan, begitu mendapat informasi l dari masing-masing warga setempat di lokasi kebakaran langsung menurunkan satu unit damkar di Desa Bundar, dan dua unit damkar di Desa Balai dengan waktu sekitar 15 menit setelah dilaporkan.

Begitu tiba di lokasi kejadian, petugas segera memadamkan kebakaran dan mengakibatkan satu unit rumah di Desa Balai mengalami rusak ringan dengan korban terdampak satu kepala keluarga terdiri dari lima jiwa.

Sedangkan di Desa Balai terdapat dua regu damkar yang diturunkan dengan masing-masing bergerak dari regu siaga Pos 1 Karang Baru, dan disusul dari Pos 3 Upah ke lokasi kebakaran untuk melakukan pemadaman.

"Kalau dini hari tadi, di rumah milik mendiang Sebayang dengan pekerjaan purnawirawan TNI, dan kondisi rumah tersebut sudah tidak ditempati sekitar 4 hari yang lalu," katanya.

Ia mengatakan, ketiga unit mobil damkar tetap di kedua lokasi kebakaran, walau api telah dipadamkan untuk melakukan pendinginan. Pihaknya juga harus mendata untuk pelaporan akibat musibah ini.

"Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa," tutur Doni.

Bupati Aceh Tamiang, Mursil atau Wakil Bupati Aceh Tamiang, Tengku Insyafuddin mewakili pemerintah kabupaten setempat langsung memberi bantuan, sebagaimana yang diberikan kepada korban kebakaran di Dusun Tanjung Rambut, Desa Bukit Tempurung, Sabtu (24/08).

Bantuan yang diserahkan berupa bahan bangunan untuk empat unit rumah yang terkena musibah kebakaran di Desa Bukit Tempurung.
 

Pewarta: Muhammad Said

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019