Asosisasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, meminta kepada pemerintah daerah setempat untuk segera menertibkan organisasi yang mengatasnamakan forum kepala desa (forum keuchik) di daerah itu karena sangat meresahkan masyarakat dan aparatur desa.

"Forum keuchik (kepala desa) yang ada resmi, legal dan diakui oleh pemerintah di Aceh Barat adalah Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) yang menaungi seluruh kepala dan perangkat desa di Kabupaten Aceh Barat," kata Kata Ketua Apdesi Kabupaten Aceh Barat, Safrizal kepada ANTARA, Jumat di Meulaboh.

Baca juga: Mundur tiba-tiba, mobil dinas dokter di Aceh Barat nyaris tabrak warga

Menurutnya, dengan adanya pihak yang diduga mengatasnamakan forum kepala desa di daerah itu, Pengurus Apdesi meminta kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Barat melalui Kantor Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat agar segera mengambil tindakan sesuai dengan aturan hukum dan perundang-undangan yang berlaku.

Mereka juga meminta organisasi tersebut ditindak tegas karena sangat meresahkan dan merugikan aparat desa dan masyarakat.

Baca juga: Pemerintah Aceh usulkan tiga kawasan ekonomi khusus di pantai barat selatan

Pengurus lembaga tersebut juga meminta agar pihak yang selama ini mengaku sebagai pengurus organsiasi Forum Persaudaraan Keuchik Aceh Barat agar segera meminta maaf, karena tindakan pencantuman organisasi kepala desa tersebut diduga tidak sah secara hukum.

"Apabila tuntutan permohonan maaf ini tidak dipenuhi, Apdesi Aceh Barat akan mengambil sikap tegas dengan menempuh upaya hukum selanjutnya," tegas Safrizal.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019