Dinas  Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bener Meriah meluncurkan inovasi berupa Sistem Pelayanan Keliling (Sepeling) untuk pelaksanaan program jemput bola pembuatan dokumen kependudukan bagi masyarakat di daerah itu.
 
Kepala Disdukcapil Bener Meriah, Ikhwanul Hakim, kepada wartawan, Kamis, menyampaikan bahwa dengan inovasi pelayanan tersebut pihaknya saat ini menargetkan penuntasan perekaman data sekaligus pencetakan e-KTP bagi masyarakat serta pelajar di daerah itu yang belum memiliki e-KTP.

Baca juga: Jelang pelantikan Presiden, Bupati Bener Meriah imbau masyarakat do'a bersama
 
"Kami mengerahkan tim untuk mendatangi kediaman warga maupun sekolah-sekolah untuk menuntaskan perekaman sekaligus pencetakan e-KTP," tutur Ikhwanul Hakim.
 
Dia mengatakan hari ini Tim Sepeling melakukan kegiatan jemput bola ke SMA Negeri 1 Bandar Bener Meriah untuk perekaman dan pencetakan e-KTP secara gratis bagi para pelajar di sana.

Baca juga: Bener Meriah tuan rumah MTQ ke-35 tahun 2021
 
Menurutnya, pembuatan e-KTP terhadap pelajar merupakan salah satu prioritas dalam program Sepeling tersebut, termasuk nantinya akan menyasar para santri pesantren dan kalangan disabilitas.
 
"Ini sekaligus merupakan rangkaian layanan inovasi Sepeling bagi siswa siswi yang belum memiliki e-KTP," ujarnya.

Baca juga: Pemkab Bener Meriah evaluasi layanan kesehatan ibu dan anak
 
Ikhwanul Hakim menuturkan, kedepan nanti Tim Sepeling juga akan setiap saat terjun ke tengah masyarakat menggunakan kendaraan operasional khusus, untuk melayani pembuatan dokumen kependudukan.
 
Hal itu, kata dia, menjadi program utama dalam inovasi Sepeling di Disdukcapil setempat saat ini, sebagai upaya untuk semakin mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Agar masyarakat dapat memiliki dokumen kependudukannya secara mudah, praktis, efesien, dan gratis," kata Ikhwanul Hakim.

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019