Kabupaten Bener Meriah saat ini digadang-gadang menjadi tuan rumah pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-35 tingkat Provinsi Aceh Tahun 2021.

Hal itu diperkuat dengan adanya kegiatan verifikasi yang dilakukan oleh tim dari Provinsi Aceh yang bertandang ke daerah berhawa sejuk itu, guna melihat langsung kesiapannya untuk menjadi tuan rumah MTQ.

Bupati Bener Meriah, Sarkawi, usai menggelar rapat bersama Tim Verfikasi Calon Tuan Rumah MTQ ke 35 yang bertandang ke daerah itu, Rabu, kepada wartawan menyampaikan bahwa pihaknya telah sangat siap jika benar-benar ditunjuk sebagai tuan rumah.

Baca juga: Bupati janji bangun penangkaran bibit kentang di Bener Meriah

"Bener Meriah sangat siap, Bener Meriah sudah mempersiapkan segala sesuatu, baik sarana maupun prasarananya. Tempat sudah, penginapan sudah, kami dan Ketua Dewan juga sudah berkomitmen terkait dengan anggaran," tutur Sarkawi.

Dia mengatakan kunjungan tim verifikasi tersebut merupakan yang kedua kalinya untuk melihat langsung kesiapan Bener Meriah sebagai calon tuan rumah MTQ ke 35.

Baca juga: Pemda Bener Meriah gelar uji public rencana tata ruang ibu kota kabupaten

Karena itu, menurut Sarkawi, penyelenggaraan MTQ tahun 2021 nantinya kemungkinan akan berlangsung di daerah itu.

“Insya Allah kami akan menjadi tuan rumah pada MTQ yang akan datang. Kami berharap sekali MTQ tingkat provinsi ini dapat diselenggarakan di Bener Meriah. Dan kami akan mempersiapkan apa pun yang dibutuhkan untuk menyukseskan acara tersebut," ujarnya.

Baca juga: Jaksa tahan mantan Kadisbun Bener Meriah terkait korupsi Rp16,5 miliar

Sarkawi menambahkan, dalam hal ini pihaknya juga akan mempersiapkan kebutuhan anggaran yang diperlukan untuk menyukseskan penyelenggaraan even bergensi tersebut.

"Berapapun dana shering dari kabupaten kami akan siapkan," ucapnya.

Lanjutnya, untuk tempat pelaksanaan MTQ pihaknya juga telah mempersiapkan dua lokasi strategis di pusat kota Bener Meriah.

"Kami sudah siapkan lokasi seluas 5 hektare yang terletak di Desa Karang Rejo dan Wonosobo. Tempatnya sangat strategis, indah, dan mudah dijangkau oleh masyarakat. Yang jelas lokasinya di pusat Kota Bener Meriah," sebut Sarkawi.

Dia mengatakan tim verifikasi juga telah melihat langsung kedua lokasi tersebut dan merasa puas.

Menurut Sarkawi, saat ini tim verifikasi juga telah meminta pihaknya untuk segera mempersiapkan syarat dan segala sesuatu yang diperlukan.

Sementara, Tim Verfikasi Calon Tuan Rumah MTQ ke 35 Tingkat Provinsi Aceh Tahun 2021 yang bertandang ke Bener Meriah hari ini, diantaranya terdiri dari Kepala Dinas Syariat Islam Provinsi Aceh, Kepala Kemenag Aceh, dan sejumlah Pengurus LPTQ Aceh, serta unsur lainnya.

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019