Satu unit rumah warga milik Agustiar, warga Desa Baro Paya, Kecamatan Panton Reue, Kabupaten Aceh Barat, Senin, ambruk setelah bagian tanah di sekitar rumah warga dilanda longsor.

Hingga Senin malam para korban masih bertahan di sekitar rumah warga dan berharap bantuan dari pemerintah daerah.

Baca juga: Jalan lintas provinsi di Aceh Barat tertimbun longsor, arus lalulintas terganggu

"Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, namun korban mengalami kerugian materi karena rumahnya rusak," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Aceh Barat, Mukharuddin diwakili Kooridinator Pusdalops, Mashuri di Meulaboh, Senin malam.

Rumah tersebut ambruk akibat bagian pondasi bangunan dilanda longsor akibat guyuran hujan lebat yang melanda daerah itu sejak beberapa pekan terakhir.

Baca juga: Banjir rendam ratusan rumah di Aceh Barat

Guyuran air hujan yang berasal dari aliran gunung yang turun ke badan jalan, diduga kuat menjadi pemicu utama musibah ini terjadi, tambah Mashuri.

Agar musibah serupa tidak lagi terulang, BPBD Kabupaten Aceh Barat mengimbau kepada masyarakat agar waspada apabila diguyur hujan lebat, dan segera meminta pertolongan kepada warga sekitar atau menghubungi pihak terkait apabila membutuhkan pertolongan, imbaunya.

Baca juga: Banjir rendam sembilan kabupaten dan 1.089 rumah di Aceh

Selain itu, hujan lebat yang melanda daerah itu juga menyebabkan bagian tebing gunung di kawasan Desa Carak, Kecamatan Sungai Mas, Kabupaten Aceh Barat, diterjang tanah longsor.

Meski material sudah dibersihkan beberapa kali menggunakan alat berat, akan tetapi tanah longsor tetap saja terjadi akibat terbawa aliran hujan, katanya.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019