Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Aceh mendorong kalangan pelaku pariwisata mengembangkan destinasi wisata pulau terluar yang ada di provinsi ujung barat Indonesia tersebut.

"Banyak potensi pariwisata di pulau-pulau terluar di Aceh, namun belum dikembangkan dengan maksimal," kata Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) ASPPI Aceh Azwani Awi di Banda Aceh, Selasa.

Azwani mengatakan Aceh memiliki banyak pulau terluar dengan pesona keindahan alamnya. Di antaranya Kepulauan Pulau Banyak di Kabupaten Aceh Singkil, Kepulauan Pulo Aceh di Aceh Besar, serta Pulau Simeuleu di Kabupaten Simeuleu.

Seperti Kepulauan Pulau Banyak, lanjut Azwani, kini sudah dikenal oleh wisatawan Australia dan Eropa. Namun, pengelolaan belum begitu maksimal.

Pelaku pariwisata bisa mengembangkan usahanya mengembangkan wisata kepulauan di Samudra Hindia tersebut.

"Jika Kepulauan Pulau Banyak dikembangkan dengan optimal, kami yakin akan menjadi magnet mendatangkan wisatawan, baik nusantara maupun mancanegara," ujar Azwani Awi.

Begitu juga dengan pulau terluar lainnya, memiliki potensi pariwisata yang tidak kalah menarik. Dengan ada pengembangan ini, maka destinasi pariwisata di Aceh akan bertambah banyak.

"Karena itu, kami mendorong pelaku usaha wisata mengembangkan destinasi-destinasi pariwisata baru. Destinasi tidak hanya mengandalkan yang ada sekarang ini," sebut Azwani Awi.

Selain pulau terluar, ASPPI Aceh juga mengembangkan desa wisata. Pengembangan desa wisata juga bertujuan untuk membuka destinasi pariwisata baru di provinsi ujung barat Indonesia tersebut.

"Banyak desa atau gampong di Aceh bisa dikembangkan menjadi desa wisata. Dan ini tentu menjanjikan jika dikelola dengan baik akan menjadi destanasi baru bagi wisatawan berkunjung ke Aceh," kata Azwani Awi.

Dengan pengembangan desa wisata tersebut, potensi-potensi pariwisata bisa tergarap secara maksimal. Dan ini juga berimbas pada peningkatan perekonomian masyarakat.

Azwani Awi mengatakan, pengembangan desa wisata merupakan program prioritas ASPPI Aceh. Kehadiran desa wisata diharapkan menjadi daya tarik wisatawan berkunjung ke Aceh.

"Kehadiran desa wisata di Aceh Jaya juga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan dengan sendirinya membantu pemerintah daerah mengurangi kemiskinan dan pengangguran," kata Azwani Awi.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019