Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah berharap ada dukungan dari keluarga pahlawan di daerah setempat dalam upaya meneguhkan kembali spirit kepahlawanan di hati setiap masyarakat.

“Spirit kepahlawanan ini akan mendukung semangat kita untuk membangun Aceh sehingga semua pihak dapat berkontribusi secara maksimal bagi pembangunan nasional,” kata Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah di Banda Aceh, Minggu.

Peryataan itu disampaikannya dalam pidato tertulis yang dibacakan Asisten I Setda Aceh M Jafar dalam kegiatan temu ramah dengan keluarga pahlawan, perintis kemerdekaan, pejuang dan veteran yang berlangsung di Pendopo Gubernur Aceh.

Ia menjelaskan Pemerintah Aceh senantiasa memberikan apresiasi kepada para keluarga pahlawan sebagai simbol dari semangat untuk melanjutkan cita-cita para pejuang bangsa ini.

“Tujuan dari memperingati Hari Pahlawan ini agar semangat para pahlawan itu menjadi panutan bagi kita dalam bekerja dan membangun negeri ini. Kita bisa menjadi pahlawan lingkungan, pahlawan antikorupsi, pahlawan di bidang pendidikan,” katanya.

Menurut dia melalui Hari Pahlawan yang mengusung tema: “Aku Pahlawan Masa Kini” akan mengangkat semangat untuk bersatu dan bahu membahu untuk memberantas kemiskinan, menjaga kamtibmas dan menegakkan HAM.

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa pahlawannya.  'Menghargai' di sini bukanlah sekadar memberi sesuatu kepada para pahlawan, tapi bagaimana kita dapat melanjutkan cita-cita mereka bagi masa depan bangsa,” katanya.

Dalam kegiatan temu ramah tersebut Pemerintah Aceh juga memberikan “bungong jaroe” kepada 56 ahli waris keluarga pahlawan, perintis kemerdekaan, pejuang dan veteran.

Pihaknya berharap melalui silaturrahim tersebut dapat melekat pada diri setiap masyarakat, sehingga perjuangan tanpa lelah dalam membangun bangsa dapat terus dilanjutkan.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman dan unsur Forkopimda Aceh dan Kota Banda Aceh.
 

Pewarta: M Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019