Memasuki bulan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW sejumlah harga sembako di Idi, Kabupaten Aceh Timur, mengalami kenaikan, karena permintaan naik sementara persediaan stabil.

Salah seorang pedagang di Pasar Peukan Idi Cut, Ihsan, Sabtu (16/11) mengatakan, naiknya sejumlah harga sembako memasuki bulan maulid bahkan bulan puasa di hari-hari besar itu sudah menjadi kebiasaan seperti minyak makan, telur ayam, bawang merah, dan cabai kering.

"Baru diawal bulan maulid hanya sebagian bahan pokok naik, tapi bisa jadi kemungkinan sejumlah harga bahan pokok lainnya juga bisa mengalami kenaikan," kata Ihsan. 

Ihsan juga mengatakan seperti cabai kering sebelumnya Rp40 ribu per kilogram sekarang naik Rp50 ribu per kilogram, dan minyak makan sebelumnya Rp10 ribu per kilogram sekarang Rp11 ribu per kilogram.

Sementara bawang merah Rp25 ribu per kilogram sekarang naik Rp30 ribu per kilogram bahkan telur ayam satu papan dari sebelumnya Rp34 per papan menjadi Rp37 per papan. 

Kenaikan tersebut menurutnya tidak terlalu berpengaruh terhadap permintaan para pembeli dan kenaikan itu juga didasari oleh permintaan yang terus meningkat karena di semua daerah khususnya Aceh Timur menggelar perayaan maulid Nabi Muhammad SAW.

"Walaupun sebagian harga sembako naik tapi seperti bahan itu sudah menjadi bahan pokok yang harus dibeli seperti telur dan bawang merah, cabai kering sudah menjadi kebutuhan masyarakat untuk rempah-rempah masakannya, " pungkas Ihsan. 
 

Pewarta: Hayuturrahmah

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019